BPJS Kesehatan buka pos pelayanan selama liburan lebaran

id NTT,BPJS kesehatan,pos pelayanan,libur bersama

BPJS Kesehatan buka pos pelayanan selama liburan lebaran

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Ario Trisaksono (ANTARA/Benny Jahang)

...Selama liburan Lebaran, BPJS Kesehatan di wilayah Kantor BPJS Kupang tetap membuka pos pelayanan pada setiap Kantor BPJS Kesehatan di kabupaten/kota guna mempermudah pengurusan administrasi bagi peserta JKN
Kupang (ANTARA) - Badan Perlindungan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur tetap membuka loket pelayanan selama liburan Lebaran 2023 guna mempermudah akses pelayanan kepada peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) di daerah itu.

"Selama liburan Lebaran, BPJS Kesehatan di wilayah Kantor BPJS Kupang tetap membuka pos pelayanan pada setiap Kantor BPJS Kesehatan di kabupaten/kota guna mempermudah pengurusan administrasi bagi peserta JKN," kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kupang Ario Trisaksono kepada wartawan di Kupang, Kamis, (6/4/2023).

Ia menjelaskan pos pelayanan dibuka selama liburan agar peserta Jaminan kesehatan nasional (JKN) tetap bisa mengakses pelayanan terkait kebutuhan administrasi yang dibutuhkan para peserta JKN.

"Pada saat libur bersama biasanya BPJS Kesehatan pelayanan tetap dibuka dengan waktu pelayanan berlangsung dari pukul 08.00-12.00 wita, sehingga apabila ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi tetap terlayani," katanya.

Menurut dia pos pelayanan administrasi bagi peserta JKN dilakukan semua Kantor BPJS Kesehatan di wilayah Kantor BPJS Kesehatan Kupang seperti di Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Belu.

Ario Trisaksono menambahkan BPJS Kesehatan Kupang sedang melakukan koordinasi dengan pihak pengelola fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan terkait pelayanan kesehatan selama liburan berlangsung.

"Kami tentu segera berkoordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan guna memastikan ada tidaknya pelayanan kesehatan bagi peserta JKN yang dilakukan di poliklinik selama liburan bersama berlangsung, selain pelayanan yang dilakukan pada fasilitas IGD, karena biasanya pada saat liburan pelayanan kesehatan ditutup," kata Ario Trisaksono.

Dia menambahkan layanan dilakukan pada pos pelayanan BPJS Kesehatan dimulai periode 19 - 21 April 2023 dan 24 - 25 April 2023 mulai pukul 08.00 - 12.00 wita.

Menurut dia selain melalui pos pelayanan di kantor para peserta JKN juga dapat memanfaatkan untuk kepentingan pelayanan administrasi melalui
aplikasi whatsapp PANDAWA hingga BPJS Kesehatan Care Center 165 guna memudahkan pelayanan administrasi bagi peserta JKN di daerah ini.

Baca juga: Artikel - Isu bocornya data BPJS dan kedaulatan siber
Baca juga: Ombudsman harapkan integrasi RSUP-BPJS Kesehatan segera tuntas