HPN 2017 Bicarakan Era Digital

id Pers

HPN 2017 Bicarakan Era Digital

Era Digital media

"Karena era digital salah satu tantangan berat dunia pers di Indonesia yang harus dihadapi, terutama bagi media cetak," kata Muhamad Ihsan.
Banjarmasin (Antara NTT) - Ketua Umum Hari Pers Nasional 2017 dan Ulang Tahun ke-71 Persatuan Wartawan Indonesia Muhamad Ihsan mengatakan kegiatan HPN mendatang akan membicarakan era digital dalam perkembangan pers di Indonesia.

"Karena era digital salah satu tantangan berat dunia pers di Indonesia yang harus dihadapi, terutama bagi media cetak," ujar Wakil Bendahara Umum Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) itu di Banjarmasin sebelum kembali ke Jakarta, Minggu (18/12).

Tantangan tersebut, kata dia, juga sangat terasa bagi perusahaan pers atau media cetak, karena berpengaruh terhadap pendapatan dari iklan.

Pasalnya, pangsa pasar dunia periklanan pada era digital banyak beralih dari media cetak. Sebagai contoh periklanan, belangkangan  ini banyak melalui Google dan Youtube, sehingga mempengaruhi iklan-iklan pada media cetak.

"Kita tidak membiarkan terjadi kesan monopoli dunia periklanan yang berdampak melemahnya perusahaan pers, terutama media cetak di Indonesia, yang dan pada gilirannya membuat perusahaan pers di negeri ini menjadi pudar," ujarnya.

Puncak peringatan HPN 2017 direncanakan berlangsung di Kota Ambon, ibu kota Provinsi Maluku pada 9 Februari 2017.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar