Mabar siapkan acara pendukung ASEAN Summit

id Asean summit, asean, ktt asean, perumda bidadari, labuan bajo, manggarai barat, ntt, flores, umkm,Gua batu cermin, festi

Mabar siapkan acara pendukung ASEAN Summit

Beberapa produk UMKM yang dipamerkan di Gua Batu Cermin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Kami adakan Festival Budaya Gua Batu Cermin yang berlangsung dari tanggal 4 - 14 Mei 2023 dari pukul 10.00 Wita sampai 22.00 Wita, kata Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bidadari, Susanto Werry di Labuan Bajo, Kamis, (4/5/2023)
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur menyiapkan Festival Budaya Gua Batu Cermin sebagai acara sampingan (side event) untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit di Labuan Bajo.

"Kami adakan Festival Budaya Gua Batu Cermin yang berlangsung dari tanggal 4 - 14 Mei 2023 dari pukul 10.00 Wita sampai 22.00 Wita," kata Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bidadari, Susanto Werry di Labuan Bajo, Kamis, (4/5/2023).

Dalam Festival Budaya Batu Cermin, ada beberapa kesenian tari dan musik yang ditampilkan, termasuk bazar tenun, fesyen tenun, pameran kopi, dan kuliner khas lokal yang ada di Labuan Bajo. Ada pula pameran produk bambu dari Yayasan Bangun Lestari.

Werry mengatakan acara tersebut tidak hanya sebatas pada kehadiran UMKM dalam pameran, tapi berfokus pada transaksi.

"Kami gandeng BRI yang sudah dukung kami untuk lakukan promo belanja, sehingga orang yang datang tidak hanya sekadar lihat-lihat tapi belanja juga," ucapnya.

Untuk memperluas informasi tentang keberadaan acara sampingan ini, Perumda Bidadari telah mempromosikan festival budaya kepada Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Luar Negeri, dan perwakilan kedutaan besar negara ASEAN.

"Kami sudah sampaikan ada side event ini yang merupakan bentuk proaktif dari Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat lewat Perumda Bidadari untuk menyambut acara ASEAN Summit," ujar Werry.

Dia merinci sebanyak 57 UMKM telah mendaftar untuk terlibat dalam pameran, diantaranya 20 UMKM tenun, 11 UMKM Kopi, dan 26 UMKM kuliner.

"Ini masih bergerak terus karena nanti ada yang on-off, banyak teman-teman yang dapat orderan," katanya melanjutkan.

Werry berharap upaya pemerintah daerah ini dapat menjadi ruang promosi produk lokal berkualitas dari Manggarai Barat.

Dengan demikian ada dampak langsung yang didapat oleh para pelaku usaha nanti.



Baca juga: Pemkab Mabar gelar ritual adat jelang KTT ke-42 ASEAN

Baca juga: PLN pastikan pasokan listrik "zero down time" selama pelaksanaan ASEAN Summit