Pelni gunakan KM Sinabung untuk akomodasi terapung di ASEAN Summit

id Asean, asean summit, ktt asean, labuan bajo, manggarai barat, ntt, flores, km sinabung, pelni, perhubungan, kapal terapu

Pelni gunakan KM Sinabung untuk akomodasi terapung di ASEAN Summit

PT Pelni menggunakan KM Sinabung sebagai akomodasi terapung untuk mendukung kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (6/5/2023). ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

Tamu yang menginap di KM Sinabung tidak dikenakan biaya...
Labuan Bajo (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menggunakan KM Sinabung sebagai akomodasi terapung untuk mendukung kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kami sudah siap digunakan oleh kementerian dan lembaga serta media yang membutuhkan akomodasi selama KTT ASEAN di Labuan Bajo," kata Vice President Usaha Penumpang Komersial dan Penunjang PT Pelni Berryl A Insanul Firdaus, di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Sabtu, (6/5/2023) malam.

PT Pelni telah mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan dalam hal penyediaan akomodasi terapung untuk mendukung kegiatan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

Kapal itu digunakan untuk ketersediaan akomodasi bagi para peserta KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo mulai tanggal 6 Mei sampai 12 Mei 2023.

"Tamu yang menginap di KM Sinabung tidak dikenakan biaya," ungkap Berryl.

KM Sinabung memiliki kapasitas muatan mencapai 1.906 orang dengan jumlah kamar atau kabin yang tersedia 508 kamar. Ada pula dek ekonomi yang dapat menampung 1.396 penumpang.

Selain itu, kapal juga memiliki fasilitas pendukung lain seperti toilet, mushala, poliklinik, restoran, minimarket, dan wifi corner untuk mendukung kebutuhan para tamu yang menginap di atas kapal.

"Sampai hari ini yang sudah registrasi melalui Kementerian Sekretariat Negara sebanyak 796 orang. Ada kementerian lembaga dan media asing yang sudah registrasi," ujarnya pula.

Kementerian Perhubungan telah menyurati Kementerian Sekretariat Negara untuk menyampaikan penyediaan KM Sinabung sebagai alternatif akomodasi sebagai salah satu dukungan Kementerian Perhubungan pada KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto R dijelaskan bahwa fasilitas yang disediakan adalah room only tanpa penyediaan konsumsi untuk delegasi atau non delegasi KTT ke-42 ASEAN selama menginap di KM Sinabung.

PT Pelni pun akan melakukan peningkatan bandwith wifi di KM Sinabung untuk mendukung kegiatan media dan publikasi KTT ke-42 ASEAN.

"Pelni berupaya memberikan pelayanan yang baik, sehingga para tamu dapat dengan nyaman dan mendapatkan pengalaman yang berbeda selama menginap di atas kapal KM Sinabung," kata Berryl.

Baca juga: Pelni imbau pemudik gunakan kartu debit saat beli tiket

Baca juga: Enam kapal PELNI jalani perawatan persiapan angkutan Lebaran 2023






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pelni gunakan KM Sinabung buat akomodasi terapung dalam ASEAN Summit