Pemerintah China kirim utusan khusus ke Ukraina

id krisis ukraina,konflik ukraina,utusan khusus china,li hui,xi jinping,volodymyr zelenskyy,china-rusia,china-ukraina,erura

Pemerintah China kirim utusan khusus ke Ukraina

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

...Dia akan menjalin komunikasi dengan para pihak guna menyelesaikan krisis Ukraina secara politis, kata juru bicara Kemenlu China Wang Wenbin di Beijing, Jumat (12/5)
Beijing (ANTARA) - Pemerintah China memberangkatkan seorang utusan khusus menuju Ukraina untuk membantu penyelesaian krisis yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun itu.

Selain ke Ukraina, Li Hui dari Kementerian Luar Negeri China untuk Urusan Eurasia sebagai utusan khusus itu akan melawat ke Polandia, Prancis, Jerman, dan Rusia mulai Senin (15/5).

"Dia akan menjalin komunikasi dengan para pihak guna menyelesaikan krisis Ukraina secara politis," kata juru bicara Kemenlu China Wang Wenbin di Beijing, Jumat (12/5).

Pengiriman utusan khusus tersebut sebagai tindak lanjut dari pembicaraan telepon antara Presiden China Xi Jinping dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada 26 April lalu.

"Kunjungan utusan khusus itu menunjukkan komitmen China dalam mendorong pembicaraan damai," katanya.

Ia menegaskan bahwa sikap China terhadap krisis Ukraina sangat jelas, yakni menginginkan penyelesaian konflik secara politis.

Menurut dia, krisis Ukraina yang semakin berlarut akan membuat dunia terkena dampak yang berkepanjangan.

Beberapa komunitas internasional juga telah menyerukan gencatan senjata antara Ukraina dan Rusia.

"China juga akan terus memainkan peran konstruktif dengan menjalin komunikasi internasional guna mendorong pembicaraan damai, mencegah eskalasi situasi berlanjut, dan membantu memfasilitasi penyelesaian politik terhadap krisis Ukraina," kata Wang menambahkan.

Li Hui merupakan diplomat veteran yang diposisikan di Kementerian Luar Negeri China untuk Urusan Eurasia sejak 2019.

Dia pernah menduduki jabatan sebagai Duta Besar China untuk Kazakhstan pada 1997-1999 dan Dubes untuk Rusia pada 2009-2019.

Beberapa media meragukan kemampuan Li dalam menyelesaikan krisis Ukraina karena memiliki latar belakang sebagai Duta Besar China untuk Rusia.


Baca juga: Artikel - Komunikasi Xi-Zelenskyy beri secercah optimisme untuk perdamaian

Baca juga: Presiden Rusia Vladimir Putin terima kunjungan Menhan China








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: China berangkatkan utusan khusus ke Ukraina