Elektabilitas Ganjar unggul dari Prabowo dan Anies, menurut survei

id SMRC,Deni Irvani,Ganjar Pranowo,Prabowo Subianto ,Anies Baswedan,capres,Pemilu,Survei

Elektabilitas Ganjar unggul dari Prabowo dan Anies, menurut survei

Tangkapan layar Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam pemaparan hasil survei secara daring di Jakarta, Minggu (28/5/2023). (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Masih ada 11,3 persen yang belum menjawab...
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru, dimana elektabiliats Ganjar Pranowo melampuai Prabowo Subianto dan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024, pada kelompok pemilih kritis.

“Ganjar dan Prabowo bersaing ketat memperebutkan urutan teratas, sementara Anies di urutan ketiga dengan selisih suara signifikan dengan Prabowo dan Ganjar,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam pemaparan secara daring di Jakarta, Minggu, (28/5/2023).

Dia menjelaskan hasil survei dimana, Ganjar naik dari 31,1 persen menjadi 35,9 persen pada periode yang sama, Prabowo, naik dari 29,7 persen menjadi 32,8 persen. Sementara, dalam lima bulan terakhir, suara Anies merosot dari 29,7 persen di survei Desember 2022 menjadi 20,1 persen pada survei terakhir 23-24 Mei 2023.

"Masih ada 11,3 persen yang belum menjawab," ujarnya.

Deni menjelaskan bahwa pemilih kritis adalah pemilih yang punya akses ke sumber-sumber informasi sosial-politik secara lebih baik, karena mereka memiliki telepon atau cellphone. Sehingga bisa mengakses internet untuk mengetahui dan bersikap terhadap berita-berita sosial-politik.

Mereka umumnya adalah pemilih kelas menengah bawah ke kelas atas, lebih berpendidikan, dan cenderung tinggal di perkotaan. Mereka juga cenderung lebih bisa memengaruhi opini kelompok pemilih di bawahnya. Total pemilih kritis ini secara nasional diperkirakan 80 persen.

SMRC menggelar pada 23-24 Mei 2023. Pemilihan sampel dalam survei ini dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) atau teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD, sampel sebanyak 915 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Margin of error survei diperkirakan ±3.3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Baca juga: Elektabilitas Sandiaga tertinggi sebagai cawapres, menurut Survei

Baca juga: Ragam peristiwa kemarin, survei Indikator Politik hingga ajakan PPP usung Ganjar






 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: SMRC: Elektabilitas Ganjar unggul dari Prabowo dan Anies