Viktori-Joss tertinggi menurut hasil survei SMRC

id SMRC

Viktori-Joss tertinggi menurut hasil survei SMRC

Direktur Program SMRC, Sirojuddin Abbas (Foto Antara/Istimewa))

"Survei itu benar adanya. Dan sudah dilakukan mulai 19 Mei hingga 26 Mei bulan lalu," Sirojuddin Abbas.
Kupang (AntaraNews NTT) - Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 atas nama Viktor B Laiskodat-Josef Nae Soi (Viktori-Joss) dinyatakan berada diurutan teratas dalam survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

"Survei itu benar adanya. Dan sudah dilakukan mulai 19 Mei hingga 26 Mei bulan lalu," kata Direktur Program SMRC Sirojuddin Abbas saat dikonfirmasi Antara Kupang, Sabtu (23/6), terkait hasil survei yang diumumkan tersebut.

Sirojuddin menyatakan bahwa dari hasil survei yang sudah dilakukan selama periode tersebut pihaknya membagikan dalam tiga tahap yakni pilihan kepada empat calon gubernur, pilihan kepada empat pasangan calon gubernur dan pilihan kepada pasangan calon gubernur sesuai simulasi kertas suara.

Berdasarkan tahap pertama yakni tahap pilihan kepada empat calon gubernur, Viktor Laiskodat menempati urutan teratas dengan jumlah suara 36.5 persen, posisi kedua ditempati Marianus Sae dengan jumlah suara 19,6 persen, posisi ketiga Benny K Harman dengan jumlah suara 17,6 persen dan posisi keempat adalah Esthon Foenay dengan jumlah suara 16,7 persen.

Tahap kedua adalah pilihan kepada keempat pasangan calon, pada tahap ini pasangan Viktor B Laiskodat-Josef Naesoi menempati urutan teratas dengan jumlah suara 36,4 persen. Urutan kedua ditempati oleh Marianus Sae-Emmelia Nomleni dengan jumlah suara 20,2 persen, sementara itu posisi ketiga ditempati oleh Benny K Harman-Benny A Litelnoni dengan jumlah suara 18,2 persen, disusul pasangan Esthon-Chris dengan jumlah 17,7 persen.

Baca juga: Esthon-Chris : Menang kalah itu rencana Tuhan
Baca juga: Viktor-Joss siap terima hasil Pilgub 2018


Sementara itu pada tahap terakhir dengan menggunakan simulasi kertas suara kembali Viktor-Joss menempati urutan pertama dengan jumlah suara mencapai 37,4 persen, posisi kedua tetap ditempati oleh paket Marhaen dengan jumlah suara mencapai 21,4 persen, posisi ketiga ditempati oleh Esthon-Chris dengan jumlah suara mencapai 18,8 persen dan terakhir adalah Benny-Benny dengan jumlah suara mencapai 18,4 persen.

Sirojuddin menambahkan sebenarnya pihaknya tak ingin merilis hasil survei tersebut, namun karena ada pemberitaan yang miring tentang SMRC yang miring soal survei tersebut maka dirinya terpaksa menyampaikan hasilnya.

"Ada yang mempelintir pernyataan saya, sehingga saya juga terpaksa buka-bukaan tentang hasil survei ini," tambahnya.

Lebih lanjut Sirojuddin menambahkan bahwa hasil survei yang diperoleh itu merupakan hasil potret dukungan pada saat survei.

"Hasil ini tidak memprediksi hasil akhir. Tentu masih terbuka kemungkinan pergeseran dukungan dalam beberapa minggu terakhir setelah survei," tambahnya.

Disamping itu ia mengatakan pada saat survei dilakukan, masih ada sekitar 18 persen pemilih lemah. Sejumlah pemilih itu lanjutnya sudah mendukung salah satu pasangan calon, tapi masih besar kemungkinan akan mengubah pilihan dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga: Marhaen optimistis keluar sebagai pemenang dalam Pilgub NTT
Baca juga: Harmoni siap terima hasil akhir pilgub