Bupati Nagekeo minta sekolah bentuk komunitas membaca buku

id NTT,buku bacaan,perpustakaan ramah anak,johanes don bosco,nagekeo

Bupati Nagekeo minta sekolah bentuk komunitas membaca buku

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do (kiri) bincang-bincang dengan salah seorang siswa di perpustakaan ramah anak SDK Daja, Nagekeo. (ANTARA/HO-Yayasan Bacaan Pelangi)

...Kami berterima kasih atas dukungan yang sangat besar dari Pemerintah Kabupaten Nagekeo, pihak sekolah, komite, dan orang tua atas program perpustakaan ramah anak ini
Kupang (ANTARA) - Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do meminta seluruh sekolah dasar di daerah itu membentuk komunitas membaca di sekolah guna mengoptimalkan penggunaan perpustakaan dengan mendorong para siswa untuk meminjam buku.

"Kabupaten Nagekeo sudah memiliki 88 perpustakaan ramah anak yang dibangun Yayasan Bacaan Pelangi yang bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Nagekeo dalam pembangunan sektor pendidikan," kata dia dalam keterangan yang diterima di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu, (9/8/2023).

Ia mengatakan hal itu saat meresmikan 19 perpustakaan ramah anak yang dibangun Yayasan Bacaan Pelangi di 19 sekolah di Kabupaten Nagekeo.

Pemerintah Kabupaten Nagekeo mengapresiasi terhadap komitmen dan konsistensi Taman Bacaan Pelangi yang terus berupaya meningkatkan budaya membaca di daerah ini.

"Kami senang sekali mengawali Bulan Kemerdekaan ini dengan meresmikan 19 perpustakaan ramah anak di sekolah-sekolah dasar di Nagekeo, sehingga total ada 88 perpustakaan ramah anak yang sudah tersedia untuk anak-anak di Nagekeo," katanya.

Dia mengatakan sudah saatnya untuk membentuk komunitas di masing-masing sekolah guna mengoptimalkan penggunaan perpustakaan dengan mendorong anak-anak untuk meminjam buku sehingga budaya membaca buku terus meningkat.

Dia mengatakan kerja kolaborasi juga penting mulai dari guru yang mendampingi anak membaca dan kreatif dalam kegiatan membaca.

Ia berharap, para kepala sekolah membentuk komunitas alumni dan melaporkan perkembangan tentang perpustakaan sehingga semakin banyak buku bacaan yang disumbangkan dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Nagekeo.

Baca juga: Pemkab Nagekeo lakukan langkah strategis kendalikan malaria

Project Manager Taman Bacaan Pelangi Devi Monita Kristyningsih mengatakan pihaknya ingin minat baca dan kemampuan membaca anak-anak di daerah pelosok Indonesia menjadi lebih baik.


Baca juga: Bupati Nagekeo ajak anak muda bersaing di dunia kerja
"Kami berterima kasih atas dukungan yang sangat besar dari Pemerintah Kabupaten Nagekeo, pihak sekolah, komite, dan orang tua atas program perpustakaan ramah anak ini," kata dia.

Dia menambahkan dalam rangka HUT ke-78 RI ingin menyemangati masyarakat agar mendorong anak-anak membaca buku cerita sehingga mampu menumbuhkan minat baca anak dan pada akhirnya meningkatkan kemampuan membaca mereka.