Bakti BCA dukung layanan pijat kesehatan & Spa di Desa Wisata Hijau Bilebante

id BCA,Desa wisata,bilebante,spa

Bakti BCA dukung layanan pijat kesehatan & Spa di Desa Wisata Hijau Bilebante

Bakti BCA mengadakan pelatihan Train the Trainer “Terapis Pijat Kesehatan & Spa” di Desa Wisata Bilebante, Nusa Tenggara Barat. Acara ini melibatkan 20 peserta terpilih yang berasal dari Desa Wisata Bilebante, dan berlangsung pada 7-19 Agustus 2023 (ANTARA/HO-Bakti BCA)

Kami telah menyaksikan langsung dampak dari dukungan yang diberikan perseroan kepada desa wisata di Bilebante. Sama halnya dengan desa-desa  binaan Bakti BCA lainnya...
Kupang (ANTARA) - Melengkapi keunggulan alam dan kuliner yang dimiliki, Desa Wisata Hijau Bilebante di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), terus berupaya mengembangkan 
layanan yang disediakan, termasuk layanan pijat kesehatan dan spa. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) turut mendukung inisiatif ini dengan mengadakan pelatihan Train the Trainer "Terapis Pijat Kesehatan & Spa" yang berlangsung pada 7–19 Agustus 2023. 

Kegiatan ini merupakan kesempatan berharga bagi 20 peserta terpilih untuk mengembangkan kompetensinya, dan diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pariwisata desa serta menciptakan peluang pekerjaan baru bagi masyarakat desa.Pelatihan ini merupakan tanggapan terhadap antusiasme tinggi wisatawan akan paket wisata pijat kesehatan dan spa yang masih terbatas di Desa Wisata Hijau Bilebante, serta tingginya minat masyarakat pria di desa untuk menjadi terapis. Mengingat terapis yang ada saat ini hanya terdiri dari wanita, inisiatif ini diharapkan dapat mengimbangi permintaan dari wisatawan pria, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan masyarakat dan menciptakan peluang pekerjaan baru bagi masyarakat desa khususnya pria di Desa Bilebante.

"Selain keindahan alam dan sentra UMKM, Desa Bilebante masih memiliki potensi besar untuk berkembang. Saya juga mengamati bahwa pemuda-pemuda desa juga sangat bersemangat untuk berinovasi. Oleh karena itu, BCA berkomitmen untuk terus membina dan mengembangkan kapasitas komunitas masyarakat di Desa Bilebante, termasuk pelatihan Train the Trainer “Terapis Pijat Kesehatan & Spa” ini. Kami berharap program ini dapat mengoptimalkan potensi pariwisata Desa Bilebante, serta menjadi salah satu roda penggerak perekonomian desa,“ ungkap Kepala KCU Cakranegara BCA Indrawanto Sahama. 

Pelatihan akan dilanjutkan dengan uji coba pendampingan pada tanggal 19 Agustus 2023. Dalam uji coba ini, peserta pelatihan dapat mendemonstrasikan keterampilan yang mereka pelajari kepada wisatawan. Mereka yang berkunjung tersebut meliputi wisatawan lokal dan mancanegara, hingga agen travel yang tertarik untuk mencoba pengalaman pijat kesehatan dan spa yang ditawarkan oleh masyarakat Desa Wisata Hijau Bilebante.

Kepala Desa Bilebante Rakyatulliwauddin menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan berkelanjutan BCA dalam memajukan Desa Wisata Hijau Bilebante. "Sejak awal, BCA telah memberikan berbagai pelatihan yang sangat relevan dengan kebutuhan komunitas lokal dalam pengelolaan desa wisata. Seperti hari ini, saya dengan yakin mengatakan bahwa Desa Bilebante telah mencapai kemajuan yang luar biasa. Kami harap paket wisata pijat kesehatan dan spa dapat dijalankan dengan tingkat keunggulan dan profesionalisme yang lebih baik, sehingga dapat menarik minat lebih banyak wisatawan ke desa tercinta ini," katanya.

Sebelumnya, Desa Wisata Hijau Bilebante telah menghadirkan sejumlah paket wisata yang menarik, seperti menyusuri sawah menggunakan sepeda dan ATV, penginapan homestay yang nyaman, serta kelas memasak dengan suasana perkebunan yang menyegarkan di Pasar Pancingan. Tidak hanya itu, dari sisi UMKM lokalnya, Desa Wisata Hijau Bilebante juga telah menawarkan lebih dari 17 kuliner produk UMKM yang meliputi ayam merangkat, bakso rumput laut, berbagai olahan keripik, hidangan plecing, dan banyak lagi. 

Terbaru, desa ini juga telah menghadirkan aktivitas outbound yang merepresentasikan kesenian dan kebudayaan khas dari Desa Bilebante. Dalam kesempatan terpisah, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, menyampaikan bahwa kegiatan Train the Trainer Terapis Pijat Kesehatan & Spa bertujuan meningkatkan kapasitas masyarakat di Desa Wisata Hijau Bilebante. 

Upaya pembinaan yang dilakukan BCA terhadap seluruh desa binaannya diharapkan mampu berkontribusi secara berkelanjutan dalam memberikan nilai tambah ekonomi bagi komunitas dan daerah setempat. "Kami telah menyaksikan langsung dampak dari dukungan yang diberikan perseroan kepada desa wisata di Bilebante. Sama halnya dengan desa-desa 
binaan Bakti BCA lainnya, dampak langsung dari pendampingan yang kami berikan adalah menjamin pengelolaan desa wisata yang mampu berdaya saing dan sustain. Melalui program ini, BCA juga mendukung program pemerintah Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja,” ungkap Hera.