Karavan migran terbesar mulai melintasi Meksiko menuju perbatasan AS

id amerika serikat,meksiko,karavan migran,perbatasan

Karavan migran terbesar mulai melintasi Meksiko menuju perbatasan AS

Arsip - Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken memberikan keterangan pers di Jakarta, Jumat (14/7/2023). Blinken berada di Jakarta untuk menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur (EAS) dan Forum Kawasan ASEAN (ARF) pada 13-14 Juli.

...Sekitar 10.000 migran telah ditangkap setiap hari di perbatasan barat daya bulan ini, menurut pejabat patroli perbatasan
Kota Meksiko (ANTARA) - Karavan migran terbesar selama lebih dari setahun mulai melintasi Meksiko menuju perbatasan Amerika Serikat sementara kedua negara mencari cara untuk membendung arus pencari suaka yang terus meningkat.

Sebanyak 8.000 migran sedang dalam perjalanan, membuatnya menjadi karavan tujuan AS terbesar sejak Juni 2022.

Para migran tersebut dilaporkan terdiri dari 24 kewarganegaraan, memasuki wilayah bagian Chiapas di tenggara Meksiko dan menuju Kota Meksiko.

Sekitar 10.000 migran telah ditangkap setiap hari di perbatasan barat daya bulan ini, menurut pejabat patroli perbatasan.

Kedatangan karavan berjumlah besar ini terjadi ketika para pejabat Meksiko dan AS bertemu untuk membahas lonjakan kedatangan migran.

Pada tahun fiskal 2022, Patroli Bea Cukai dan Perbatasan AS menangkap lebih dari 2,2 juta migran di perbatasan AS-Meksiko.

Menurut Perlindungan Bea Cukai dan Perbatasan AS (CBP), pihaknya telah menerima kedatangan 2,24 juta migran pada 2023, sementara pada 2022, angka tersebut berada pada 2,33 juta dan 1,85 juta.

Di tengah peningkatan tersebut, para pejabat dari kedua negara akan mengadakan pertemuan darurat pada Rabu, (27/12/2023) untuk membahas “migrasi tidak teratur yang belum pernah terjadi sebelumnya di Belahan Barat” dan mengidentifikasi cara-cara Meksiko dan Amerika Serikat dapat “mengatasi tantangan keamanan perbatasan.”

Menurut siaran pers yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri AS, kedua pemerintah sepakat untuk membuka kembali pintu masuk utama di seberang perbatasan untuk mengurangi mobilisasi besar-besaran migran.

Sementara itu delegasi AS, yang terdiri dari Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas, dan Penasehat Keamanan Dalam Negeri Gedung Putih Liz Sherwood Randall, akan bertemu dengan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador di Meksiko.

CBP menyebutkan bahwa warga Meksiko merupakan warga negara yang paling banyak dilaporkan melintasi perbatasan, dengan lebih dari 700 ribu orang diikuti oleh Guatemala, Honduras, dan Kolombia.

Sumber: Anadolu

Baca juga: AS tutup dua jembatan kereta api ke Meksiko atasi lonjakan migran
Baca juga: Jumlah migran menyeberang di perbatasan AS-Meksiko menurun
Baca juga: Meksiko, AS kerja sama amankan perbatasan setelah Titel 42 berakhir
Baca juga: AS minta bantuan Kanada atasi banjir migran di perbatasan Meksiko



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Karavan migran terbesar lintasi Meksiko menuju perbatasan AS