Gempa landa Jepang, WNI mengungsi ke masjid

id Gempa Ishikawa,gempa Jepang,WNI,mengungsi,masjid

Gempa landa Jepang, WNI mengungsi ke masjid

Sejumlah WNI terlihat di Masjid Kanazawa, Prefektur Ishikawa, Jepang, usai menjalankan ibadah salat Isya, pada Senin (1/1) waktu setempat. (Dian Novitasari)

...Peralatan) dapur tumpah semua, kaca rias pecah, katanya

Tokyo (ANTARA) - Gempa magnitudo 7,4 yang mengguncang perairan Semenanjung Noto, Prefektur Ishikawa, Jepang, pada Senin (1/1) menyebabkan sejumlah warga negara Indonesia (WNI) mengungsi ke Masjid Kanazawa.

Seorang WNI di Jepang, Dian Novitasari, melalui pesan singkat kepada Antara di Tokyo pada Senin, (1/1/2024) mengatakan bahwa dia dan keluarganya memutuskan untuk mengungsi karena alarm peringatan terus menyala.

“(Peralatan) dapur tumpah semua, kaca rias pecah,” katanya.

Dian mengatakan dia dan keluarganya tidak berada di rumah saat gempa yang berpotensi tsunami itu melanda. Ketika tiba di tempat tinggal mereka di lantai 3, dia melihat barang-barang sudah berjatuhan ke lantai.

“Tadi saya pulang, mixer menyala berputar-putar, kaca-kaca terbuka sebagian, televisi semua jatuh ke lantai,” tambah dia.

(Kiri) kondisi kediaman WNI Dian Novitasari, (kanan) kondisi Masjid Kanazawa usai gempa bermagnitudo 7, Senin (1/1). (Dian Novitasari)

Saat ini, dia bersama keluarga dan 12 orang lainnya mengungsi ke masjid tersebut yang lokasinya lebih tinggi daripada kawasan lainnya.

Ada juga WNI yang mengungsi di aula-aula publik milik pemerintah setempat, katanya.

Menurut Dian, karena tidak banyak barang di masjid tersebut, hanya buku-buku dan Al Quran yang jatuh ke lantai.

Guncangan dahsyat juga sempat dirasakan WNI di prefektur lain seperti Tottori.

Sejumlah WNI di Prefektur Toyama juga tengah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Pemerintah setempat mengimbau agar pengungsi tetap di area pengungsian dan tidak boleh pergi ke tempat yang lebih rendah. Kapal-kapal terpantau sudah meninggalkan pelabuhan.

Saat ini masih terjadi gempa susulan dan berpotensi tsunami. Badan Meteorologi Jepang memperingatkan bahwa tinggi tsunami bisa mencapai lima meter.

Gelombang tsunami akibat gempa tersebut kemungkinan bisa menjangkau 300 kilometer dari pusat gempa.

Hingga kini, Kedutaan Besar RI di Tokyo belum memberikan keterangan resmi terkait perlindungan WNI yang terdampak gempa.


Baca juga: KBRI Tokyo: sebut tidak ada WNI korban gempa Jepang

Baca juga: Gempa magnitudo 7,3 guncang Jepang




 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gempa landa Jepang, WNI di Ishikawa mengungsi ke masjid