Rupiah akhir pekan ditutup merosot

id Rupiah merosot,Imbal hasil,Nilai tukar rupiah

Rupiah akhir pekan ditutup merosot

Petugas menunjukkan uang dolar AS dan uang rupiah di salah satu kantor cabang PT. Bank Mandiri Persero Tbk, Jakarta, Selasa (31/1/2023). Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta merosot 33 poin atau 0,22 persen ke posisi Rp15.003 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.970 per dolar AS. ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)

...Kenaikan 'yield' obligasi Pemerintah AS dan klaim pengangguran AS lebih rendah dari ekspektasi, kata analis Bank Woori Saudara Rully Nova kepada ANTARA di Jakarta, Jumat, (22/3/2024)
Jakarta (ANTARA) -
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menjelang akhir pekan ditutup merosot dipengaruhi kenaikan imbal hasil (yield) Pemerintah Amerika Serikat (AS).
 
Pada akhir perdagangan Jumat, kurs rupiah melemah 114 poin atau 0,73 persen menjadi Rp15.783 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.669 per dolar AS.
 
"Kenaikan 'yield' obligasi Pemerintah AS dan klaim pengangguran AS lebih rendah dari ekspektasi," kata analis Bank Woori Saudara Rully Nova kepada ANTARA di Jakarta, Jumat, (22/3/2024).
 
Rully menuturkan imbal hasil obligasi AS naik ke 4,27 persen. Sementara klaim pengangguran AS sebesar 210 ribu, lebih rendah dari proyeksi 215 ribu dan pekan sebelumnya 212 ribu.
 
Dari domestik, masih euforia pada hasil pemilihan presiden dan wakil presiden yg sudah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.
 
Selain itu, likuiditas perekonomian RI atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada Februari 2024 tumbuh 5,3 persen secara year on year (yoy) mencapai Rp8.739,6 triliun.
 
Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Jumat melemah ke level Rp15.773 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.662 per dolar AS.


 Baca juga: Rupiah menguat usai pengumuman hasil pemilu
Baca juga: Rupiah tergelincir menjelang pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia
Baca juga: Rupiah dibuka melemah setelah neraca perdagangan RI catat surplus terendah
Baca juga: Rupiah melemah menjadi Rp15.580 per dolar AS

 




 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rupiah merosot dipengaruhi kenaikan imbal hasil obligasi AS