Mabar kerahkan dua unit damkar bersihkan area kuliner Kampung Ujung

id Pemda Manggarai Barat, Manggarai Barat, Mabar, Satpol PP Manggarai Barat, Yeremias Ontong, Kuliner Kampung Ujung, Kampun

Mabar kerahkan dua unit damkar bersihkan area kuliner Kampung Ujung

Petugas Satpol PP Manggarai Barat saat membersihkan selokan di Kampung Ujung, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

...Mobil damkar ini memiliki kemampuan menyemprotkan air tingkat tinggi yang dapat membersihkan lumpur dan kotoran lainnya baik di lantai maupun kolong tempat jualan, kata Kepala Satpol PP Manggarai Barat Yeremias Ontong di Labuan Bajo, Nusa Tenggara
Labuan Bajo (ANTARA) - Satpol PP Manggarai Barat (Mabar) mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan satu unit mobil penyuplai air untuk membersihkan lumpur dan sisa makanan di tempat kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo.
 
"Mobil damkar ini memiliki kemampuan menyemprotkan air tingkat tinggi yang dapat membersihkan lumpur dan kotoran lainnya baik di lantai maupun kolong tempat jualan," kata Kepala Satpol PP Manggarai Barat Yeremias Ontong di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu, (17/4/2024).
 
Ia menjelaskan hal tersebut dilakukan untuk menjamin kebersihan di tempat kuliner yang ramai dikunjungi wisatawan dan warga Labuan Bajo.
 
"Agar pengunjung yang menikmati santapan di kuliner Kampung Ujung tidak terganggu aroma atau bau yang tidak diinginkan," katanya.
 
Tidak hanya membersihkan area lapak pedagang dan lantai, kata dia, petugas juga membersihkan kotoran yang menyumbat saluran air di kawasan kuliner Kampung Ujung.
 
"Kotor karena ada sisa makanan yang tidak sengaja jatuh di lantai lalu masuk di celah-celah both atau tempat jualan," jelasnya.
 
Ia menambahkan area atau kawasan wisata harus selalu bersih sehingga semakin membuat wisatawan dan warga nyaman.
 
"Kampung Ujung bukan hanya ada tempat kuliner, itu merupakan tempat umun untuk kegiatan pariwisata dan aktivitas nelayan serta masyarakat," katanya.

Baca juga: PLN berhasil alirkan listrik ke Desa Ngancar di Mabar
 
Ia menambahkan akan secara reguler membersihkan kawasan tersebut dengan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UMKM (Disnakertranskopumkm) Manggarai Barat dan Dinas Lingkungan Hidup Manggarai Barat.
Baca juga: Polres Mabar minta warga laporkan jika temukan pesta miras

Baca juga: PHBI Mabar tetapkan empat lokasi Shalat Idul Fitri
 
"Tentu tidak sampai di sini saja kami demi menjamin kenyamanan bagi semua pihak," katanya.