Sebanyak 9.067 calon haji Indonesia diberangkatkan pada Senin

id Jamaah haji Indonesia,Pemberangkatan Haji,ppih arab saudi,ppih 2024,ibadah haji ,haji 2024,kementerian agama,tanah suci

Sebanyak 9.067 calon haji Indonesia diberangkatkan pada Senin

Ilustrasi keberangkatan Jamaah Calon Haji asal Indonesia (ANTARA/HO-Ist)

...Hari ini terdapat 21 kloter dengan 9.067 orang akan diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi, kata Petugas Media Center Haji (MCH) Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis, (20/5/2024)
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memberangkatkan sebanyak 9.067 calon haji (calhaj) ke Tanah Suci pada Senin atau hari kesembilan operasional penyelenggaraan haji di Indonesia.
 
Seluruh calon haji yang berangkat pada hari ini terbagi ke dalam 21 kelompok terbang (kloter) dari seluruh Indonesia dan akan diberangkatkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah.
 
"Hari ini terdapat 21 kloter dengan 9.067 orang akan diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi," kata Petugas Media Center Haji (MCH) Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis, (20/5/2024).
 
Secara rinci Widi menyebutkan seluruh calon haji yang diberangkatkan hari ini berasal dari berbagai embarkasi, antara lain Embarkasi Medan (KNO) sebanyak 360 orang atau satu kloter, embarkasi Batam (BTH) sebanyak 700 orang atau dua kloter, dan embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 orang atau satu kloter.
 
Selanjutnya Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) sebanyak 1.320 orang atau tiga kloter dan embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 900 orang atau dua kloter.
 
"Kemudian Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) sebanyak 880 orang atau dua kloter, Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 440 orang atau satu kloter," ujarnya.
 
Kemudian, kata Widi, Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.080 orang atau tiga kloter dan Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.486 orang atau empat kloter.


Selanjutnya Embarkasi Balikpapan (BPN) sebanyak 324 orang atau satu kloter dan Embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 orang atau satu kloter.
 
Widi menyampaikan kepada seluruh calon haji untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi, jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.
 
Selain itu ia juga mengimbau kepada seluruh calon haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka SuperApp yang diterbitkan oleh Kemenag RI untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji.


Baca juga: 80 anggota jamaah calon haji Labuan Bajo ikuti manasik haji
Baca juga: Indonesia berangkatkan 241 ribu orang untuk berhaji di 2024
Baca juga: Penurunan usulan BPIH menjadi Rp94,3 juta setelah rasionalisasi






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah berangkatkan 9.067 calon haji menuju Tanah Suci hari ini