PLN alirkan listrik pada 15 dusun di Pulau Flores

id listrik, pln, rasio desa berlistrik, rasio elektrifikasi, flores, ntt

PLN alirkan listrik pada 15 dusun di Pulau Flores

Ilustrasi - Petugas PLN memastikan jaringan listrik pada salah satu desa di Pulau Flores, NTT. (ANTARA/HO-PLN NTT)

PLN terus berkomitmen mewujudkan energi berkeadilan, memastikan seluruh masyarakat Indonesia dapat mengakses listrik...
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) telah berhasil mengalirkan listrik pada 15 dusun yang tersebar di empat kabupaten di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"PLN terus berkomitmen mewujudkan energi berkeadilan, memastikan seluruh masyarakat Indonesia dapat mengakses listrik," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT I Gede Agung Sindu Putra di Kupang, Sabtu, (15/6/2024).

Lima belas dusun yang telah mendapatkan listrik PLN itu yakni Dusun Pong Sepang di Kabupaten Manggarai; Dusun Mabaraju, Sambikoe, Mausui-Lekolembo, Bonggirita, Kopalando, dan Cedeng di Kabupaten Manggarai Timur.

Selanjutnya listrik juga sudah mengalir di Dusun Kampung Papa, Detukato, Detunaka, Detudenu, dan Done di Kabupaten Sikka, serta Dusun Nuawika, Niokeu dan Aemoka di Kabupaten Ende.

Sindu menyatakan komitmen PLN untuk mewujudkan keadilan energi di seluruh wilayah, tak terkecuali NTT.

Pihaknya pun secara bertahap membangun jaringan listrik ke desa dan dusun di pelosok NTT untuk dapat dinikmati masyarakat.

Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Flores Albertus Hendriyanto dalam keterangan yang diterima mengatakan bahwa setiap orang memiliki akses yang sama terhadap listrik.

PLN pun berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan untuk melakukan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif, serta membawa manfaat langsung bagi masyarakat.

"Tidak ada yang terlalu sulit atau terlalu jauh untuk dijangkau ketika tekad dan kerja keras bersatu," ucapnya.

Berdasarkan data PLN per Mei 2024, persentase Rasio Desa Berlistrik (RDB) di Pulau Flores telah mencapai 95,05 persen atau sebanyak 1.480 desa telah berlistrik PLN dari jumlah desa keseluruhan sebanyak 1.557 desa.

Capaian RDB yang hampir mencapai 100 persen itu merupakan wujud komitmen dari PLN untuk membuat semua desa di Pulau Flores yang terdiri dari delapan kabupaten berlistrik.

Angka persentase itu juga tidak berbeda jauh dengan Rasio Elektrifikasi (RE) di Pulau Flores yang telah mencapai angka 97,36 persen.

Berbagai upaya telah dilakukan PLN untuk meningkatkan RE dan RDB di Pulau Flores, diantaranya perluasan jaringan listrik ke desa-desa yang belum berlistrik secara bertahap, serta pemasangan PLTS Komunal di desa-desa yang terkendala akses jalan.

Baca juga: PLN tambah 100 SPKLU di Jakarta pada 2024

Baca juga: PLN laporkan rasio desa berlistrik di Pulau Sumba mencapai 88,7 persen

Baca juga: PLN dan Pemkab Mabar hadirkan listrik di desa terpencil









Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PLN alirkan listrik pada 15 dusun di Pulau Flores NTT