Komandan pushidrosal ajak putra pesisir Labuan Bajo jadi prajurit

id Danpushidrosal, anak-anak, prajurit, TNI AL, Labuan Bajo, pesisir, TNI Angkatan Laut, Manggarai Barat,Laut,Pesisir,Praju

Komandan pushidrosal ajak putra pesisir Labuan Bajo jadi prajurit

Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Budi Purwanto. ANTARA/Gecio Viana.

"Karena sudah terbiasa dengan laut, harapan dari Desa Warloka Pesisir ini banyak yang masuk angkatan laut,"
Labuan Bajo (ANTARA) - Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Budi Purwanto mengajak putra-putri Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berada di pesisir laut untuk bergabung menjadi prajurit TNI AL.

"Harapan saya anak-anak pesisir, putra-putri pesisir ini bisa masuk menjadi prajurit Angkatan Laut," kata Laksamana Madya TNI Budi Purwanto di Labuan Bajo, Rabu.
 
Hal tersebut ia sampaikan dalam acara temu muka Danpushidrosal bersama masyarakat maritim di Desa Warloka Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.
 
Ia menjelaskan, anak-anak pesisir memiliki potensi untuk menjadi prajurit TNI AL, terlebih lahir dan berkembang dalam dunia kemaritiman.
 
"Karena sudah terbiasa dengan laut, harapan dari Desa Warloka Pesisir ini banyak yang masuk angkatan laut," katanya.
 
Ia juga meminta para orang tua untuk mempersiapkan anak-anaknya sejak dini untuk dapat mengikuti tes masuk menjadi prajurit TNI AL.

Baca juga: Pemkab Mabar apresiasi TNI AL lakukan Operasi Trisila-24 III
Baca juga: TNI AL buka perekrutan prajurit karier lulusan SMA dan SMP
 
Kepada anak remaja, ia juga berpesan agar belajar dengan tekun dan mempersiapkan diri dengan menjaga kesehatan dan berolahraga, karena terdapat serangkaian tes seperti tes kesehatan, akademik, tes psikologi, hingga tes mental dan ideologi.
 
"Masuk militer itu ada beberapa faktor yang pertama kesehatan, yang kedua ada faktor akademis ilmu kita di sekolah, kemudian kesehatan misalkan kita kalau ingin masuk tentara jangan banyak begadang, jangan merokok, dan jangan minum minuman keras," katanya.
 
Ia juga mendorong Pangkalan TNI AL untuk terus membina potensi maritim termasuk mendukung upaya dan usaha anak-anak pesisir agar siap mengikuti tes masuk hingga memenuhi syarat menjadi prajurit TNI AL.
 
"Saya sangat mendorong supaya dalam Pangkalan Angkatan Laut yang di situ bisa lebih membina potensi yang ada, tentunya indikator adalah yang tidak menyangkut hal yang fatal misalkan kesehatan karena ada kelainan jantung, ada ini yang jelas tidak mungkin, tetapi kalau masalah akademik, terus larinya kurang itu bisa kita latih," katanya.
 
Sementara itu, Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Budi Purwanto bersama rombongan juga melakukan aksi sosial dengan menyalurkan sebanyak 30 paket sembako bagi warga Desa Warloka Pesisir.
 
Sekretaris Desa Warloka Pesisir Ahmad mengucapkan terima kasih atas dukungan TNI AL kepada warga desa, terlebih terdapat pos milik TNI AL yang membantu masyarakat.
 
"Hari ini sudah ada TNI angkatan laut bersama kami untuk menjaga keamanan," katanya.
 
Ia juga berharap agar kerja sama dan kolaborasi bersama pemerintah desa terus ditingkatkan bersama TNI AL, terlebih dalam sosial kemasyarakatan, pengawasan, dan pengamanan laut.