Anggota DPRD Mabar periode 2024-2029 dilantik

id Anggota DPRD, pelantikan, DPRD Manggarai Barat, NTT, Manggarai Barat

Anggota DPRD Mabar periode 2024-2029 dilantik

Suasana pelantikan sebanyak 29 Anggota DPRD Manggarai Barat di Labuan Bajo. (ANTARA/HO-Kominfo Manggarai Barat)

...Disamping itu, perlu kami ingatkan pula bahwa dalam menjalankan tugas saudara diawasi oleh penegak hukum serta lembaga pengawas seperti KPK, BPK, BPKP dan sebagainya, katanya
Labuan Bajo (ANTARA) - Sebanyak 29 anggota DPRD Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2024-2029 yang terpilih pada Pemilu 2024, dilantik serta diambil sumpahnya di ruang rapat paripurna DPRD setempat, Jumat, (30/8).
 
Pengambilan sumpah anggota DPRD Manggarai Barat dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Labuan Bajo, Ida Ayu Widyarini.
 
Dalam pelantikan ini, ditetapkan pula pimpinan sementara DPRD Manggarai Barat periode 2024-2029 yaitu Yopi Widiyanti dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), dan Wakil Pimpinan sementara yakni Rikardus Jani dari Partai Demokrat.
 
Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 29 anggota DPRD Manggarai Barat yang baru dilantik.
 
Ia berpesan agar anggota DPRD dapat menjalankan tugas dengan profesional dan mementingkan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi maupun golongan.
 
"Disamping itu, perlu kami ingatkan pula bahwa dalam menjalankan tugas saudara diawasi oleh penegak hukum serta lembaga pengawas seperti KPK, BPK, BPKP dan sebagainya," katanya.
 
Ia juga menjelaskan dalam kedudukan DPRD sebagai mitra kepala daerah yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dipertegas tentang pola hubungan kemitraan antara DPRD dengan kepala daerah yang bersifat checks and balances.
 
Hal ini dimaksudkan untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah pada setiap periode kepemimpinan kepala daerah, sehingga terjamin kesinambungan penyelenggaraan pemerintahan daerah.
 
"Oleh sebab itu, sinergi dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dan Kepala Daerah harus diarahkan secara positif untuk memberikan respons cepat dalam pemecahan persoalan- persoalan kerakyatan di tingkat lokal, membangun kerjasama yang efektif di tingkat regional, serta mendukung suksesnya agenda prioritas nasional, terutama pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024," katanya.
 
Sementara itu dalam pelantikan itu, terdapat seorang anggota DPRD yang tidak dilantik yakni Christo Mario Y Pranda karena mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati pada Pilkada Manggarai Barat 2024.
 
Adapun nama para anggota DPRD Manggarai yang dilantik yakni Sewargading S. J. Putera dari Partai PKB, Kanisius Jehabut dari Partai Gerindra, Silvester Sukur dari Partai PDIP, Rofinus Rahmat dari Partai Golkar, Martinus Mitar dari Partai NasDem, Yovita Dewi Suriany dari Partai NasDem dan Saleh Muhidin dari Partai PKS.
 
Selanjutnya, Nuryati dari Partai Hanura, Anton Aron dari Partai PAN, Ali Sehudin dari Partai PBB, Paskalis Yosep Sudario dari Partai Demokrat, Hasanudin dari Partai Perindo, Fransiskus Karsianus Kun dari Partai PKB, Warus Martinus dari Partai Gerindra, Lazarus Pen dari Partai PDIP dan Benediktus Nurdin dari Partai NasDem.

Baca juga: Dinkes Mabar, NTT imbau warga waspada potensi penyakit di musim kemarau
 
Lebih lanjut, Basilius Sardi Jeramat dari Partai NasDem, Andi Mamma dari Partai PKS, Fabianus Latu dari Partai Hanura, Rikardus Jani dari Partai Demokrat, Bernadus Ambat dari Partai Perindo, Servatinus Lestinus Gahang dari Partai PKB, Fidelis Syukur dari Partai Gerindra dan Anselmus Jebarus dari Partai Golkar.

Baca juga: KPU Mabar NTT terima pendaftaran Mario-Richard
 
Selanjutnya, Yopi Widiyanti dari Partai NasDem, Alfridus Ndarung dari Partai NasDem, Syiprianus Anjelo dari Partai NasDem, Inocentius Peni dari Partai PAN dan Benyamin Pamur dari Partai Demokrat.