KPU Mabar NTT terima pendaftaran Mario-Richard

id KPU Mabar, Manggarai Barat NTT,Pilkada, Pilkada 2024, pendaftaran calon, pendaftaran, Mario-Richard, KPU Manggarai Barat

KPU Mabar NTT terima pendaftaran Mario-Richard

Foto bersama usai pendaftaran bakal calon bupati-wabup Christo Mario Y Pranda dan Richardus Tata Sontani dalam Pilkada 2024. (ANTARA/Gecio Viana)

Sebelum maju kami sudah hitung, jadi optimisme kami menang...
Labuan Bajo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menerima berkas pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati  Christo Mario Y Pranda dan Richardus Tata Sontani atau Mario-Richard untuk menjadi peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.
 
Saat mendaftar di KPU Manggarai Barat, Kamis, Mario-Richard didampingi keluarga, simpatisan dan partai politik pengusung yakni PAN, Golkar, Demokrat, Perindo, PKN, Partai Buruh, PSI, Partai Gelora dan Partai Umat, 
 
Setelah menyerahkan dokumen fisik syarat pendaftaran yang telah diunggah di sistem Silon KPU, dilakukan verifikasi berkas beserta dukungan dari masing-masing partai pengusung.
 
Ketua KPU Manggarai Barat Ferdiano Sutarto Parman menyatakan proses verifikasi data lengkap baik itu syarat pencalonan dan syarat calon serta memberikan tanda terima pendaftaran dan surat pengantar kepada bapaslon bupati-wabup itu untuk melakukan tes kesehatan di RSUP Ben Mboy Kupang. 
 
"KPU Kabupaten Manggarai Barat  memastikan kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan pencalonan, memastikan kelengkapan dokumen persyaratan calon dan berdasarkan hasil pemeriksaan pendaftaran dinyatakan diterima," katanya.
 
Bakal calon bupati-wabup Mario-Richard selanjutnya akan menjalani pemeriksaan jasmani, rohani dan pemeriksaan bebas penyalahgunaan narkotika di RSUP Ben Mboy Kupang. 
 
Bakal calon bupati Manggarai Barat Christo Mario Y Pranda menjelaskan pihaknya didukung sembilan partai politik gabungan dengan total suara sah sebanyak 52.075 suara. 
 
Ia juga mengaku optimistis memenangkan Pilkada 2024 di Kabupaten Manggarai Barat, terlebih ia telah mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Manggarai Barat terpilih periode 2024-2029 dan Richardus Tata Sontani yang mengundurkan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. 
 
"Sebelum maju kami sudah hitung, jadi optimisme kami menang," ujarnya. 
 
Sebelumnya, KPU Manggarai Barat telah menerima berkas pendaftaran bakal calon bupati-wabup pasangan Edistasius Endi dan Yulianus Weng atau paket Edi-Weng untuk Pilkada 2024.
 
Edi-Weng didukung oleh tujuh partai politik gabungan yakni Nasdem, PKS, PBB, PDIP, PKB, PPP dan Gerindra. Total total suara sah ketujuh partai politik gabungan sebanyak 92.826 suara. 
 
KPU Manggarai Barat juga masih menunggu bakal calon bupati-wabup lainnya yakni Bernadus Barat Daya dan Marselinus Jeramun atau paket BERSAMA.