BMKG: Cuaca Matim cerah berawan hingga berawan selama sepekan

id BMKG, cuaca, Matim, Manggarai Timur, NTT, Stasiun Klimatologi Frans Sales Lega, cerah berawan, berawan

BMKG: Cuaca Matim  cerah berawan hingga berawan selama sepekan

Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

...Dalam sepekan ke depan untuk wilayah Manggarai Timur terpantau cerah berawan hingga berawan, kata Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan dihubungi dari Labuan Bajo, Selasa, (10/9)  
Borong (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) berpotensi cerah berawan hingga berawan selama sepekan.

"Dalam sepekan ke depan untuk wilayah Manggarai Timur terpantau cerah berawan hingga berawan," kata Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan dihubungi dari Labuan Bajo, Selasa, (10/9).
 
Ia menambahkan diperkirakan terdapat potensi hujan pada siang hingga sore hari di wilayah Manggarai Timur khususnya di wilayah Borong, Lambaleda Timur, Congkar, dan Ranamese.
 
"Suhu muka laut di wilayah Manggarai Timur berkisar 26-30 derajat Celsius memungkinkan terjadinya penguapan yang cukup tinggi," katanya.
 
Dia menambahkan, saat ini wilayah Kabupaten Manggarai Timur masih berada dalam musim kemarau. "Waspada potensi peningkatan kecepatan angin yang dapat melebihi dari 40 Km/Jam," ujarnya.
 
Ia juga mengimbau kepada warga Manggarai Timur untuk mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan tingkat kemudahan sangat mudah terbakar di sebagian besar wilayah Lambaleda, Sambi Rampas, Kotakumba dan Elar dan mudah terbakar di wilayah Congkar.

Baca juga: BMKG prakirakan gelombang tinggi di perairan Mabar
 
Masyarakat diimbau agar mengantisipasi dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca sebagaimana dinyatakan dalam informasi peringatan dini oleh BMKG.

Baca juga: BMKG : 225 kecamatan di NTT siaga kekeringan
 
"Manfaatkan informasi cuaca untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian dalam pencegahan atau pengurangan risiko bencana kekeringan," katanya.