Tim SAR evakuasi WNA asal China meninggal usai menyelam di Alor

id Tim SAR gabungan, Alor, NTT, Perairan Alor Kecil, WNA, China, WNA China, Kantor Basarnas Maumere, Supriyanto Ridwan, eva

Tim SAR evakuasi WNA asal China meninggal usai menyelam di Alor

Suasana evakuasi jenazah WNA asal China yang meninggal usai menyelam di belakang Pulau Kepa Perairan Alor Kecil Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/HO-Kantor Basarnas Maumere)

...WNA tersebut berjenis kelamin laki-laki bernama Zhou Wei Gang berusia 61 tahun, kata Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dihubungi dari Labuan Bajo, Selasa, (10/9)
Labuan Bajo (ANTARA) - Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) gabungan melakukan evakuasi jenazah seorang warga negara asing (WNA) asal China yang meninggal usai menyelam di belakang Pulau Kepa, Perairan Alor Kecil, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
"WNA tersebut berjenis kelamin laki-laki bernama Zhou Wei Gang berusia 61 tahun," kata Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dihubungi dari Labuan Bajo, Selasa, (10/9).
 
Ia menambahkan laporan kejadian tersebut disampaikan agen kapal pinisi KLM 02 bernama Imran yang menyampaikan bahwa pada Selasa pagi, kapal pinisi KLM 02 berlabuh di sekitar Perairan Alor Kecil dan mempersilakan para tamu 11 orang, termasuk korban, untuk menikmati keindahan Perairan Alor Kecil.
 
Saat itu, lanjut dia, korban melakukan penyelaman di sekitar Perairan Alor Kecil hingga kedalaman 25 meter.
 
“Namun nahas saat korban telah kembali ke atas kapal, korban langsung merasakan lemas, muntah hingga akhirnya pingsan," katanya
 
Selanjutnya, seluruh kru kapal pinisi KLM 02 berupaya melakukan resusitasi jantung paru (RJP) namun korban tak kunjung sadarkan diri hingga akhirnya agen kapal melapor ke Pos SAR Alor guna pertolongan evakuasi ke RSUD Kalabahi Alor.
 
Usai menerima laporan, tim SAR gabungan segera menuju lokasi dengan membawa perawat Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pelabuhan Kalabahi, peralatan medis, tandu, dan ambulans
 
"Setelah di lokasi, korban dievakuasi dari sekoci KLM 02 menuju tepian dan langsung dibawa ke RSUD Kalabahi menggunakan ambulans dan tiba di RSUD Kalabahi korban langsung diobservasi oleh tim medis dan didapatkan hasil bahwa korban telah meninggal dunia," katanya.

Baca juga: Tim SAR temukan warga hilang di Pantai Waigete meninggal

Baca juga: Tim SAR masih mencari warga hilang di Pantai Waigete









Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tim SAR mengevakuasi WNA asal China meninggal usai menyelam di Alor