KPU Flores Timur terpaksa libatkan PPK

id KPU Flotim

KPU Flores Timur terpaksa libatkan PPK

Sejumlah petugas sedang menyortir surat suara Pemilu 2019 di Kabupaten Flores Timur. (ANTARA Foto/dok Kornelis Abon)

"Sampai saat ini logistik pemilu masih dalam proses pengepakan dan saat pendistribusian nanti kita akan libatkan PPK di 19 kecamatan," kata Kornelis Abon.
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Flores Timur melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk mendistribusikan surat suara ke-19 kecamatan di wilayah kabupaten kepulauan yang terdiri dari Pulau Adonara, Solor dan Flores Timur daratan itu.

"Sampai saat ini logistik pemilu masih dalam proses pengepakan dan saat pendistribusian nanti kita akan libatkan PPK di 19 kecamatan," kata Juru Bicara KPU Flores Timur Kornelis Abon saat dihubungi Antara dari Kupang, Selasa, (9/4).

Hal ini disampaikan berkaitan degan kesiapan dari KPU Flores Timur dalam rangka menyambut dan menyukseskan Pemilu 2019 pada 17 April mendatang di kabupaten itu yang bertepatan pula dengan perayaan Rabu Trewa.

Kornelis mengaku bahwa hingga H-8 jelang pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2018,  surat suara untuk Flores Timur masih ada kekurangan. 

Kekurangan surat suara itu, kata dia, sudah dilaporkan ke KPU RI Untuk segera diganti, dan saat ini sudah dalam perjalanan menuju ke Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur.

"Jumlahnya tidak banyak. Kita pastikan sebelum Pemilu sejumlah kekurangan sudah terpenuhi sehingga pelaksanaan Pemilu di Flores Timur bisa berjalan dengan lancar," ujarnya.

Sementara itu, pengamat hukum administrasi negara dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang Dr Johanes Tuba Helan mengatakan masalah kekurangan logistik untuk Pemilu 2019 sangat mengganggu jalannya pesta demokrasi tersebut.

"Saya kira ini sangat mengganggu kalau sampai dengan saat ini logistik belum siap. Ini harus menjadi tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara," katanya.

Dia mengemukakan hal itu, terkait masalah kekurangan logistik untuk Pemilu serentak 2019, dan siapa yang harus bertanggung jawab jika sampai dengan hari "H" pemungutan suara, logistik pemilu juga belum siap.

Baca juga: Kekurangan logistik Pemilu 2019 belum juga dipenuhi KPU RI
Baca juga: KPU Kupang prioritaskan daerah terluar dalam distribusi logistik pemilu