Bantuan 3 kios cenderamata untuk Sumba Barat Daya

id Danau Weekuri

Bantuan 3 kios cenderamata untuk Sumba Barat Daya

Wisatawan menikmati keindahan objek wisata dengan berenang di Danau Weekuri, Desa Moromanduyo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

Pemerintah Sumba Barat Daya mendapatkan bantuan tiga kios cenderamata dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk dibangun pada objek wisata unggulan Danau Weekuri.
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat Daya Christofer Horo mengatakan pemerintah setempat mendapatkan bantuan tiga kios cenderamata dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk dibangun pada objek wisata unggulan Danau Weekuri.

"Tahun ini (2019) kami dapat bantuan dana alokasi dari Kemenpar untuk pembangunan tiga kios cenderamata di Danau Weekuri dengan alokasi sekitar Rp300 juta," katanya ketika dihubungi ANTARA dari Kupang, Selasa (25/6).

Ia mengatakan, pada 2018 lalu, pemerintah setempat juga mendapat bantuan dari Kementerian Pariwisata berupa pembangunan dua kios cenderamata dengan nilai sekitar Rp200 juta yang sudah dibangun pada sebuah objek wisata di Desa Moromanduyo, Kecamatan Kodi Utara itu.

"Jadi nanti ada 5 kios cenderamata yang bisa disewakan para pelaku pariwisata untuk penjualan souvenir," katanya dan menambahkan objek wisata Danau Weekuri merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Sumba Barat Daya dengan keindahan panorama alam yang asri dan air danau yang jernih.

Objek wisata ini, semakin ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun asing untuk menikmati keindahan alam maupun berenang di danau tersebut, sehingga pemerintah telah membenahi sejumlah fasilitas pendukung seperti jembatan, "lopo-lopo", toilet, maupun tempat parkir.

Ia menambahkan, selain bantuan kios cinderamata, pihak Kementerian Pariwisata juga mengalokasikan bantuan pembangunan lampu taman di Danau Weekuri pada tahun 2019.

"Bantuan penerangan ini akan semakin melengkapi infrastruktur pendukung di Danau Weekuri yang memungkinkan aktivitas wisata bisa lebih lama karena bisa sampai sore hari hingga malam," katanya.

Baca juga: Jalan menuju Danau Weekuri segera dibangun
Baca juga: Artikel - Keajaiban alam Danau Weekuri