Bupati Kupang memberi apresiasi terhadap program Upsus SIWAB

id Upsus Siwab

Bupati Kupang memberi apresiasi terhadap program Upsus SIWAB

Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian RI Drh. I Ketut Diarmita, MP ketika melihat secara langsung kegiatan usaha peternakan milik para peternak di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat (28/6/2019). (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Bupati Kupang Korinus Masneno memberi apresiasi khusus terhadap Program Upsus SIWAB yang dilakukan pemerintah pusat karena telah memberikan manfaat bagi peternak dalam mendapatkan sapi yang berkualitas.
Kupang (ANTARA) - Bupati Kupang Korinus Masneno memberi apresiasi khusus terhadap Program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus SIWAB) yang dilakukan pemerintah pusat karena telah memberikan manfaat bagi peternak dalam mendapatkan sapi yang berkualitas.

"Program Upsus SIWAB yang diluncurkan pemerintah pusat pada 2017 telah berdampak positif terhadap pembangunan sektor peternakan di Kabupaten Kupang, karena melalui program itu mampu memperbaiki performa ternak sapi di daerah ini," kata Korinus Masneno di Oelamasi, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (3/7).

Korinus mengatakan Program Upsus SIWAB telah mampu meningkatkan kualitas sapi peternak di daerah tersebut. Oleh karena itu, ia berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah membantu membangun dan mengembangkan peternakan di daerah yang dipimpinnya.

"Program Upsus SIWAB di Kabupaten Kupang memberikan manfaat yang sangat besar bagi petani peternak dan membuka peluang hasilkan pedet dalam jumlah yang banyak dengan kualitas daging sapi yang lebih bermutu," kata Korinus.

Menurut dia, program Inseminasi Buatan (IB) maupun Intensifikasi Kawin Alam (INKA) yang dilakukan di daerah ini menjadi motivasi bagi peternak tradisional di kabupaten yang berbatasan dengan Distrik Oecusse, Timor Leste ini untuk terus mengembangkan usaha ternak.

Korinus menambahkan Kabupaten Kupang sebagai daerah penghasil ternak potong terbesar di daratan Timor membutuhkan pabrik Nitrogen (N2) cair untuk melaksanakan Inseminasi Buatan, mengingat daerah ini memiliki keterbatasan mendapatkan bahan kimia itu.

Ia mengatakan pabrik Nitrogen N2 sangat penting demi meningkatkan kualitas Upsus SIWWB pada tahun mendatang. "Apabila kualitas ternak di Kabupaten Kupang terus meningkat maka dapat berdampak positif terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat," demikian Korinus Masneno.

Baca juga: Pemerintah Optimistis Upsus Siwab Tercapai
Baca juga: Upsus SIWAB tingkatkan populasi sapi di NTT