Rp500 juta dari Pemprov NTT untuk Seminari Mataloko

id Mataloko

Rp500 juta dari Pemprov NTT untuk Seminari Mataloko

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef A Nae Soi (kedua dari kiri) ketika menghadiri puncak perayaan HUT ke-90 Seminari Santo Yohanes Berkhmans Todabelu, Mataloko, Kabupaten Ngada, Flores, Minggu (15/9/2019). (ANTARA FOTO/HO-Humas Setda NTT)

Pemerintah Nusa Tenggara Timur, memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp500 juta untuk kepentingan kegiatan pembangunan Seminari Santo Yohanes Berkhmans Todabelu, Mataloko, Kabupaten Ngada, Flores.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Nusa Tenggara Timur, memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp500 juta untuk kepentingan kegiatan pembangunan Seminari Santo Yohanes Berkhmans Todabelu, Mataloko, Kabupaten Ngada, Flores.

Penyerahan dana bantuan dana hibah sebesar Rp500 juta dari Pemda NTT dilakukan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef A Nae Soi pada puncak perayaan HUT ke-90 Seminari Santo Yohanes Berkhmans Todabelu, Mataloko, Minggu (15/9) seperti disampaikan dalam penjelasan tertulis Kepala Sub Bagian Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Valeri Guru yang diperoleh ANTARA di Kupang, Senin (16/9).

"Ini bantuan hibah dari Pemprov NTT," kata Wagub Josef A Nae Soi saat menyerahkan bantuan hibah yang diterima langsung Preses Seminari Santo Yohanes Berkhmans Todabelu, Mataloko, Romo Gabriel Idrus di sela-sela perayaan misa syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke-90 di kompleks seminari itu.

Wakil Gubernur Josef A Nae Soi mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan wujud nyata perhatian dan kepedulian Pemerintah Provinsi NTT terhadap lembaga pendidikan yang mengemban misi mencerdaskan anak bangsa di Provinsi berbasis kepulauan ini.

Josef A Nae Soi yang juga merupakan alumni Seminari Mataloko ini mengaku bangga hadir pada puncak perayaan HUT ke-90 Seminari Santu Yohanes Berkhmans Todabelu Matoloko.

"Saya mengenyam pendidikan di sini dan saya mengenal arti hidup dan kehidupan dari tempat ini, karena itu, saya hadir di sini ibarat kembali ke rumah sendiri. Santo Yohanes Berkhmans mengajarkan agar kita selalu tersenyum, berbuat baik dan bergembiralah. Warga masyarakat NTT harus berterima kasih kepada lembaga pendidikan ini karena telah menghasilkan seorang Wagub meski saya sekolah di pinggir sekolah ini," kata Wagub Josef A Nae Soi.
Penyerahan bantuan dana hibah dari Pemeirntah Nusa Tenggara Timur kepada lembaga pendidikan Seminari Santu Yohanes Berkhmans Todabelu, Mataloko, Kabupaten Ngada, Flores, Minggu (15/9/2019). (ANTARA FOTO/HO-Humas Setda NTT)


Menurut Wakil Gubernur NTT ini, lembaga pendidikan ini telah menghasilkan orang-orang hebat dan para misionarisnya menyebar di seluruh dunia.

"Alumni dari lembaga pendidikan ini juga ada yang sudah menjadi uskup, duta besar, wartawan dan profesi lainnya. Begitu banyak alumnis yang berhasil karena sistem pendidikan yang diterapkan lembaga pendidikan Katolik ini sangat disiplin sehingga siswanya menjadi orang yang hebat dalam berbagai profesi," tegasnya.

Mantan anggota DPR-RI ini juga meminta para seminaris yang merupakan calon imam katolik agar terus belajar dengan baik, giat dan tekun.

"Apabila anda berjuang dengan sungguh-sungguh suatu saat nanti anda pasti akan memperoleh mahkota. Mari kita antar seminari ini menuju satu abad di tahun 2029," kata Wagub Josef A Nae Soi.

Sementara itu, Vikjen Keuskupan Agung Ende, Romo Cyrilus Lena dalam kotbah misa syukur mengatakan merasa sangat kecil jika berhadapan dengan almamater yang merayakan HUT ke-90. "Ada yang hanya satu hari berada di seminari ini tapi bangganya lebih dari yang tujuh tahun," ucap Romo Cyrilus.

"Itulah keilahian seminari yang tak dapat diukur dengan ratio dan ilmu pengetahuan. Seminari ini senantiasa merangkul semua anak baik yang hilang di luar rumah maupun yang hilang di dalam rumah," tegas Romo Cyrilus dihadapan umat serta Bupati Ngada, Paulus Soliwoa.
Wakil Gubernur NTT Josef A Nae Soi sedang memberikan hadiah kepada Seminari Mataloko dalam sebuah acara di Mataloko, Kabupaten Ngada, Flores, Minggu (15/9). (ANTARA FOTO/HO-Humas Setda NTT)