Dinas Sosial Butuh Mobil Rescue

id Mobil

Dinas Sosial Butuh Mobil Rescue

Dinas Sosial Kabupaten Kupang merindukan mobil rescue untuk memobilisasi bantuan kemanusiaan ke daerah pedalaman yang sulit dijangkau.

Dinas Sosial Kabupaten Kupang membutuhkan mobil rescue guna mendukung mobilisasi penanganan darurat terhadap korban bencana alam di wilayah pedalaman.
Kupang (Antara NTT) - Dinas Sosial Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur membutuhkan mobil rescue guna mendukung mobilisasi penanganan darurat terhadap korban bencana alam di wilayah pedalaman yang sulit dijangkau dengan kendaraan biasa.

Kepala Bidang Bantuan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kupang Benni Oematan di Oelamasi, Rabu, menjelaskan peristiwa bencana alam selama musim hujan ini terjadi di wilayah pedalaman yang letaknya perbatasan langsung dengan Distrik Oecusse di negara Timor Leste.

"Untuk menjangkau daerah bencana alam di wilayah perbatasan tersebut sangat sulit, karena medan jalannya sangat buruk sehingga tidak memungkinkan kendaraan pick up melintasinya," katanya.

Pada saat musim hujan, katanya, wilayah pedalaman di sekitar Amfoang menjadi terisolasi total karena tak ada satu kendaraan pun yang lewat akibat buruknya badan jalan serta banyaknya anak sungai yang meluap.

Oematan menjelaskan, pendistribusian bantuan tanggap darurat terhadap korban bencana alam sering terlambat karena terkendala angkutan.

"Dinas Sosial hanya memiliki satu mobil dobel gardan yang sering digunakan untuk penanganan bantuan darurat serta pengiriman bahan makanan yang sifatnya emergensi," ujarnya.

Dinas Sosial sering kewalahan dalam mendistribusikan bantuan jika bencana alam terjadi di beberapa lokasi secara bersamaan, karena minimnya sarana angkutan.

Ia mengatakan, mobil dobel gardan pengadaan Pemerintah Kabupaten Kupang TA 2014 digunakan untuk mendistribusikan bantuan serta mengangkut anggota Tagana dalam penanganan darurat di lokasi bencana alam.

Dinas Sosial memiliki mobil dapur umum namun jika terjadi bencana alam di daerah pedalaman tidak digunakan karena terkendala jalan raya yang kurang memadai.

Hal senada dikatakan Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Kupang Thinus Suharyadi dan kordinator Tagana, Julio Amaral bahwa mobil rescue dibutuhkan daerah ini untuk penanganan darurat bencana alam.

"Kita selalu berkoordinasi dengan BPBD dalam mendistribusikan bantuan menyebabkan bantuan terlambat diterima korban bencana alam," kata Suharyadi.

Ia mengharapkan kepada pemerintah pusat dapat mengalokasikan bantuan mobil rescue untuk mempermudah penanganan darurat korban bencana alam di wilayah pedalaman Kabupaten Kupang yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste ini.