Beta Baper gelar pasar Katemak

id Pasar Katemak

Beta Baper gelar pasar Katemak

Komunitas Beta Anak Muda Belajar Penghidupan Berkelanjutan (BETA BAPER) menggelar pasar Katemak IV di Kota Kupang. (ANTARA FOTO/Katrin LB).

Anak muda di Kota Kupang yang tergabung dalam Komunitas Beta Anak Muda Belajar Penghidupan Berkelanjutan (BETA BAPER) menggelar pasar Katemak IV di Kota Kupang, Minggu (29/9).
Kupang (ANTARA) - Sejumlah anak muda di Kota Kupang yang tergabung dalam Komunitas Beta Anak Muda Belajar Penghidupan Berkelanjutan (BETA BAPER) menggelar pasar Katemak IV di Kota Kupang, Minggu (29/9).

Anggota Komunitas Beta Baper Jendri Nenobais ditemui ANTARA mengatakan bahwa pelaksanaan pasar Katemak yang dibuka di Kota Kupang itu adalah kegiatan untuk keempat kalinya.

"Ini pasar Katemak yang ke-4. Dimana kami mengusung tema move on. Disini kami ingin mengajak masyarakat di Kota Kupang untuk move on dari yang namanya plastik," katanya.

Ia menjelaskan di pasar Katemak keempat ini pihaknya sebisa mungkin meminimalisir penggunaan plastik dalam berbagai transaksi.

Baca juga: Bulog NTT gelar pasar murah selama dua pekan di Kota Kupang

Pasalnya, menurut dia, saat ini penggunaan sampah plastik di setiap rumah warga di Kota Kupang sangat tinggi.

Yang lebih menarik lagi, dalam pasar Katemak ini, kata dia, para pembeli tidak mengenal nilai rupiah. ada alat transaksi khusus yang dinamai KAT.

"Jadi para pengunjung harus tukar uang rupiah dengan KAT. Misalnya 10 KAT ditukar dengan Rp10.000, nanti tambah lagi Rp2.000 untuk biaya operasional pasar", lanjutnya.

Selain KAT, salah satu lapak di pasar ini, yakni lapak milik komunitas CSCD (Children See Children Do) menerima buku anak-anak layak baca untuk ditukarkan dengan baju yang dijual.

Meski pun jumlah komunitas yang terlibat kian berkurang dan pengunjung yang semakin sepi, namun Pasar Katemak masih akan terus diadakan selama satu tahun.

Baca juga: Satgas Pangan NTT gelar pasar murah

Adapun Pasar Katemak IV diikuti oleh 20 lapak, antara lain dari Kupang Batanam, Kupang Menyeduh, dan Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Widya Mandira.

Lebih lanjut ia menambahkan BETA BAPER merupakan bagian dari proyek Young Female Farmers (YFF) yang dibentuk Perkumpulan PIKUL, sebuah organisasi non-profit dan non-pemerintah yang berdiri sejak 1998.

Koordinator menjelaskan Pasar Katemak merupakan singkatan dari Pameran dan Bazar Karya Teman Kupang Buat Katong, proyek Perkumpulan PIKUL yang dijalankan oleh BETA BAPER.

"Pasar ini konsepnya ramah lingkungan. Ada tiga fokus utama pasar ini, yakni pangan lokal, penghidupan di Tanah Timor, dan wadah bertemunya komunitas di Kupang dan sekitarnya untuk saling berbagi pengalaman", ujar dia.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan gelar pasar murah untuk NTT
Baca juga: Kementan Gelar Pasar Murah di NTT