Villa Nekamese diharapkan hasilkan generasi muda paham pariwisata

id Nekamese

Villa Nekamese diharapkan hasilkan generasi muda paham pariwisata

Gubernur NTT Vikto B Laiskodat (kiri) berpose bersama Fary Djemi Francis di Vila Nekamese, Kabupaten Kupang, Minggu (1/12/2019). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

"Saya harapkan agar Villa Nekamese ini mampu melahirkan generasi muda yang paham tentang pariwisata," kata Gubernur Laiskodat..
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor B Laiskodat mengharapkan kawasan Villa Nekamese mampu melahirkan generasi muda NTT, khususnya di Kabupaten Kupang yang memahami pariwisata mengingat saat ini sektor pariwisata menjadi penggerak utama pembangunan di provinsi berbasis kepulauan itu.

"Saya harapkan agar Villa Nekamese ini mampu melahirkan generasi muda yang paham tentang pariwisata," katanya usai meresmikan Hotel Nekamese di Desa Oemasi , Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, Minggu (1/12).

Menurut orang nomor satu di NTT itu saat ini pengetahuan tentang pariwisata di NTT masih sangat rendah karena ketika berbicara tentang pariwisata, bukan saja tentang atraksi budaya atau alamnya, tetapi berbicara juga tentang semua aspek.

Artinya kata dia pemahaman pariwisata itu harus lebih tinggi sebab selama ini, pemahaman akan pariwisata itu masih minim, mulai dari budaya dan lainnya

Ia menambahkan bahwa pemahaman pariwisata yang baik itu adalah harus mulai memikirkan bahwa wisatawan yang datang ke NTT menggunakan apa, sarana transportasinya seperti apa, orang tinggal di mana, pelayanannya seperti apa, makan minumnya juga harus disiapkan dengan baik,rantai pasoknya harus jelas, harus juga ada pertunjukan, siapkan juga suvenir khas NTT agar mereka yang datang bisa membelinya.

"Kalau ini semua mampu disiapkan dengan baik, maka saya pastikan NTT mampu memberikan yang terbaik bagi setiap wisatawan yang datang di Nusa Tenggara Timur," ujar dia.

Selain itu ia juga meminta selain pelatihan pertanian, peternakan, perkebunan dan pariwisata, tempat ini juga mampu membuat event untuk melatih mental anak - anak muda di kabupaten Kupang.

Sebab Villa itu menjadi tempat bagi anak-anak muda di desa itu untuk berlatih secara gratis tanpa biaya untuk kelak jika sudah paham bisa menerapkan di desanya masing-masing.

"Saya juga minta agar selain pelatihan tentang. Buatkan pertunjukan yang baik, ada nyanyian, fashion show dan juga tarian. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka dalam waktu yang tidak lama, tempat ini mampu melahirkan generasi muda hebat yang paham tentang pariwisata sesungguhnya," lanjut Laiskodat.

Khusus masalah infrastruktur jalan yang saat ini kualitasnya kurang baik, orang nomor satu di Nusa Tenggara Timur ini berjanji akan berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Kupang, agar ke depan dapat diperbaiki.

Dalam kesempatan tersebut Viktor pun memuji Fary Francis karena membangun kawasan Villa Nekamese itu dengan hati. 

"Kita lihat tempat ini sangat bagus hal ini membuktikan bahwa pak Fary membangun dengan hati. Kita (NTT, red) butuh orang-orang seperti ini," tambah dia.

Sementara itu Farry Francis selaku pemilik Nekamese Convention Hall, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih yang dalam atas kesediaan bapak Gubernur yang telah berkenan meresmikan tempat ini.

"Tempat ini dibangun sepuluh tahun lalu, dengan tujuan untuk melatih anak - anak dari desa tentang pertanian, perikanan, dan
juga pariwisata. Saat ini sudah masuk angkatan keenam," tambah dia..

Ia berharap agar dengan kehadiran Gubernur ditempat itu mampu menjadi motivasi bagi anak binaannya di tempat itu agar mereka lebih berusaha menjadi orang desa yang mampu membangun kembali desa mereka ketika sudah selesai melakukan pendidikan di tempat itu.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar