Kabupaten Kupang butuh embung

id embung

Kabupaten Kupang butuh embung

Embung Dumati, sebuah embung di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo yang sedang ditata menjadi sebuah objek wisata. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/wsj).

"Lahan pertanian di Kabupaten Kupang sangat luas dan potensial, namun belum diolah secara maksimal karena minimnya sumber air. Karena itu, kami sangat membutuhkan embung," kata Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe..
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur membutuhkan bantuan pembangunan embung-embung kecil untuk mendukung pengelolaan lahan pertanian yang belum digarap secara maksimal oleh petani di daerah itu.

"Lahan pertanian di Kabupaten Kupang sangat luas dan potensial, namun belum diolah secara maksimal karena minimnya sumber air. Karena itu, kami sangat membutuhkan embung," kata Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe ketika dihubungi Antara di Kupang, Jumat (3/1).

Jerry Manafe mengatakan hal itu terkait upaya pemerintah Kabupaten Kupang dalam mengoptimalkan potensi pertanian dalam menunjang pembangunan ekonomi masyarakat pada 2020.

Ia mengatakan pembangunan embung kecil mampu mengatasi masalah itu sehingga lahan pertanian dan perkebunan yang dimiliki petani bisa diolah dengan maksimal.

"Kami berharap pemerintah pusat khususnya Kementerian Pertanian dapat membantu pembangunan embung kecil dalam mendukung pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Kupang," katanya.

Menurut dia, sektor pertanian dan perkebunan apabila dikelola dengan maksimal maka dapat mengurangi jumlah warga miskin di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste itu.

Menurut politisi partai Golongan Karya ini, selain embung, Kabupaten Kupang juga membutuhkan bantuan traktor untuk mendukung peningkatan hasil produksi pertanian.
Tanaman padi milik petani persawahan Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur pada musim panen 2019 lalu sebagian mengalami gagal panen akibat ketiadaan air untuk mengairi lahan persawahan setempat. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)