Bertambah tiga, pasien positif COVID-19 di NTT jadi 134 orang

id ntt,covid

Bertambah tiga, pasien positif COVID-19  di NTT jadi 134 orang

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere. (ANTARA/ Benny Jahang)

Dengan ditemukan satu pasien positif COVID-19 di Lembata maka daerah yang terpapar COVID-19 di NTT bertambah satu menjadi 14 daerah dari 22 kabupaten/kota di NTT
Kupang (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur menyebutkan adanya penambahan tiga pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu sehingga jumlah total 134 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur Dominikus Minggu Mere kepada ANTARA di Kupang, Sabtu (18/7) malam, mengatakan penambahan tiga  pasien positif COVID-19 itu berasal dari dua kabupaten, yaitu Lembata dan Sumba Barat Daya di Pulau Sumba.

Baca juga: 35 pasien positif COVID-19 sembuh di Kota Kupang

Dua pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Sumba Barat Daya yaitu satu pasien yang sempat melakukan kontak erat dengan seorang pekerja migran yang sebelumnya telah terkonfirmasi positif COVID-19, sedangkan satu lainnya merupakan pasien positif COVID-19 dari klaster Surabaya, Jawa Timur.

Dengan penambahan dua pasien itu maka jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Sumba Barat Daya sebanyak tiga orang.

Sementara itu, satu kasus positif COVID-19 berada di Kabupaten Lembata berasal dari kluster Makasar, Sulawesi Selatan.

Lembata merupakan salah satu daerah yang sebelumnya masuk dalam zona hijau dari kasus positif COVID-19 di NTT.

"Dengan ditemukan satu pasien positif COVID-19 di Lembata maka daerah yang terpapar COVID-19 di NTT bertambah satu menjadi 14 daerah dari 22 kabupaten/kota di NTT," tegas Dominikus.

Dia mengatakan setelah ada penambahan tiga pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 maka saat ini ada 134 orang yang telah terpapar virus corona baru itu di NTT.

Baca juga: Manggarai Barat perketat pemeriksaan di pintu masuk
Baca juga: Seorang Ibu hamil di Manggarai Barat terkonfirmasi positif COVID-19

"Kami berharap protokol kesehatan dijalankan secara konsisten sebagai upaya mengatasi penyebaran kasus COVID-19 di NTT," kata Domonikus.