Pemkot Kupang sosialisasikan penerapan e-kinerja

id ntt,kupang,kota kupang

Pemkot Kupang sosialisasikan penerapan e-kinerja

Sekretaris Daerah Kota Kupang Fahrensy Priestly Funay. ANTARA/Benny Jahang

Penerapan aplikasi e-kinerja ini sebagai upaya memberikan apresiasi dan pengakuan atas kinerja pegawai di Kota Kupang
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, melaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis tentang penerapan e-kinerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang segera diberlakukan di daerah itu

Kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu sampai Kamis (13/8) itu dilaksanakan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang bekerja sama dengan Direktorat Kinerja Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat sebagai penyedia aplikasi e-kinerja.

Sekretaris Daerah Kota Kupang Fahrensy Priestly Funay menjelaskan bahwa penerapan e-kinerja merupakan implementasi dari e-government untuk melakukan semua proses kerja berbasis teknologi atau digitalisasi.

Dikatakannya, penerapan aplikasi e-kinerja untuk memudahkan pegawai pada lingkup pemerintah Kota Kupang dalam perencanaan, pelaksanaan tugas, dan penilaian kinerja PNS yang bermuara pada penambahan penghasilan pegawai secara adil.

"Penerapan aplikasi e-kinerja ini sebagai upaya memberikan apresiasi dan pengakuan atas kinerja pegawai di Kota Kupang," kata Fahrensy Priestly Funay.

Menurut dia, penerapan e-kinerja juga bertujuan mempermudah pejabat struktural dalam monitoring, evaluasi, dan pengawasan kinerja serta penilaian perilaku kerja staf atau bawahannya.

Setelah penerapan e-kinerja lingkup pada Pemerintah Kota Kupang diberlakukan, kata dia, tidak ada lagi pegawai yang menunggu perintah atasan dalam melaksanakan tugas.

"Setiap pegawai akan mengetahui beban tugas serta apa yang harus dilakukan setiap hari," katanya menegaskan.

Mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kupang ini berharap dalam kegiatan sosialisasi ini perlu membahas tentang indikator kinerja yang berhubungan langsung dengan kualitas kerja seorang ASN.

"Pembahasan indikator kinerja sangat penting karena erat kaitanya dengan kualitas kinerja, bukan hanya melihat kuantitas kerja," katanya menandaskan.

Ia berharap penerapan aplikasi e-kinerja dapat berpengaruh pada peningkatan kualitas ASN dan peningkatan kualitas pelayanan publik di ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini.
Para aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, mengikuti sosialisasi tentang penerapan e-kinerja bagi ASN di Kota Kupang, Rabu (12-8-2020). ANTARA/Benny Jahang


Fahrensy Priestly Funay mengaharapkan ada peningkatan disiplin dan kinerja pegawai di lingkup Pemerintah Kota Kupang sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa secara maksimal.

Baca juga: Pemkot Kupang apresiasi warga siapkan lahan sumur bor air bersih

Baca juga: Kota Kupang segera operasikan bus angkutan massal bersubsidi


Kegiatan sosialisasi e-kinerja itu diikuti 240 orang peserta dari 102 organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemkot setempat. ***2***