Pemkot Kupang diminta bangun hutan kota

id NTT,kota kupang,hutan

Pemkot Kupang diminta bangun hutan kota

Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jefri Riwu Kore (posisi jongkok bagian kanan) saat melakukan penanaman pohon di ruas jalur 40 Kecamatan Maulafa beberapa waktu lalu. (Antara/ Benny Jahang)

Program ini harus jalan karena tingkat kelembaban di Kota Kupang terus menurun, tetap menanam pohon dengan tanaman hutan, tapi tingkat kerapatannya lebih diperkecil lagi
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur diminta memperbanyak membangun hutan kota guna meningkatkan kualitas lingkungan hidup di wilayah perkotaan.

Pakar lahan kering pada Fakultas Pertanian Universitas Kristen Arta Wacana (UKW) Kupang, Zeth Malelak kepada wartawan di Kupang, Rabu, (7/10) .mengatakan pembangunan hutan kota sangat penting sehingga program Gerakan Kupang Hijau (GKH) berupa penanaman pohon yang sedang gencar dilakukan Pemerintah Kota Kupang berlangsung dengan sukses.

Baca juga: Gubernur Laiskodat apresiasi pembangunan di Kota Kupang

Menurut dia, membangun hutan kota sangat berat namun perlu dilakukan guna menjaga lingkungan perkotaan di ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini tetap nyaman.

"Program ini harus jalan karena tingkat kelembaban di Kota Kupangi terus menurun,tetap menanam pohon dengan tanaman hutan, tapi tingkat kerapatannya lebih diperkecil lagi," katanya.

Ia juga berharap Pemerintah Kota Kupang meningkatkan anggaran dan memperkuat jajaran yang bekerja dan menambah sosialisasi kepada semua orang tentang pentingnya pembangunan hutan kota.

"Anggaran di lahan kering memang mahal karena perawatan pohon pada lahan kering sangat berat dan berlangsung waktu yang lama.

Baca juga: Pemkot Kupang diminta perbanyak menanam pohon

Zeth Malelak mengapresiasi terhadap Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore yang tidak pernah lelah memberikan motifasi kepada masyarakat untuk menanam pohon guna menghijaukan kawasan Kota Kupang.

"Kami bangga karena pak wali kota terus mendorong masyarakat tanpa bosan-bosan menyampaikan tentang pentingnya menanam pohon yang banyak untuk menghijaukan kawasan Kota Kupang," katanya.