KPA Kota Kupang-Forkopimda tangani penyebaran AIDS

id NTT,AIDS Kota Kupang,aids

KPA  Kota Kupang-Forkopimda tangani penyebaran AIDS

Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man. ANTARA/Benny Jahang

Kami butuh dukungan para pimpinan Forikopimda untuk bersama-sama mengatasi penyebaran HIV/AIDS di Kota Kupang
Kupang (ANTARA) - Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur menggandeng Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) untuk membantu menangani penyebaran HIV/AIDS di ibu wilayah itu pada 2021.

"Kami butuh dukungan para pimpinan Forikopimda untuk bersama-sama mengatasi penyebaran HIV/AIDS di Kota Kupang," kata Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man di Kupang, Minggu, (6/12) terkait upaya penanggulangan AIDS di daerah itu.

Ia mengatakan, para anggota Forkopimda juga masuk dalam tim pengendali AIDS di Kota Kupang sehingga peran serta para anggota Forkopimda sangat dibutuhkan dalam upaya menangani penyebaran AIDS pada 2021.

Baca juga: 1.520 penderita HIV/AIDS di Kota Kupang

Hermanus Man yang juga merupakan Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang mengatakan upaya edukasi dan sosialisasi terhadap penanggulangan penyebaran AIDS akan lebih gencar dilakukan pada 2021.

"Pembinaan rutin perlu dilakukan terhadap pemilik atau pengelola dan pekerja di bar/karaoke, tempat pitrad dan spa serta lokalisasi lokal," tegas Hermanus Man.

Selain itu demikian Hermanus Man, tim pengendali penyebaran AIDS bersama anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk melakukan penertiban terhadap spot-spot yang terindikasi melakukan prostitusi.

Hermanus Man juga berharap anggota Babhinkamtibmas dan Babinsa di setiap kelurahan diminta ikut mendampingi KPA dalam kegiatan sosialisasi dan mobile VCT pada lokasi yang rawan penolakan.

Baca juga: Penderita HIV/AIDS terapi saja di RS SK Lerik

"Pendampingan intensif sangat diharapkan saat KPA melakukan visitasi terhadap pasien terutama pada ODHA dan keluarga dengan tetap menjamin asas kerahasiaan pasien," tegas Hermanus Man.