KPU Sumba Barat tetapkan Jhon-Jhon menang Pilkada 2020

id Pilkada NTT, Kota Kupang,NTT,Sumba barat,pilkada,pilkada serentak,pilkada serentak 2020,pilkada 2020

KPU Sumba Barat tetapkan Jhon-Jhon menang Pilkada 2020

Rapat Pleno Rekapitulasi Pilkada Sumba Barat. Antara/Ho KPU Sumba Barat/

pasangan no urut 1 Yohanis Dade dan Jhon Lado Bora Kabba menang serta berhasil unggul dengan total perolehan suara sebanyak 19.534
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Barat menetapkan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati nomor urut 1 Yohanis Dade dan Jhon Lado Bora Kabba (Jhon-Jhon) sebagai pemenang dalam Pilkada Sumba Barat 2020 melalui rapat pleno rekapitulasi surat suara yang digelar di kabupaten itu.

Juru bicara KPU Sumba Barat Teguh Rahardjo dihubungi dari Kupang, Kamis (11/12), mengatakan pleno penetapan hasil Pilkada Sumba Barat itu dilaksanakan setelah rekapitulasi surat suara dari 267 TPS yang tersebar di enam kecamatan di kabupaten Sumba Barat.

"Berdasarkan hasil akhir rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Sumba Barat pada enam kecamatan, pasangan no urut 1 Yohanis Dade dan Jhon Lado Bora Kabba menang serta berhasil unggul dengan total perolehan suara sebanyak 19.534," ucap dia.

Selanjutnya perolehan suara kedua ditempati pasangan nomor urut 3 yakni Agustinus Niga Dapawole-Gregorius H.B.L Pandango dengan jumlah suara yang diraih beda sangat tipis yakni 19.473 suara.

Sementara urutan ketiga ditempati pasangan nomor urut 4 yakni Daniel Bili-Thimatius Tede Raga dengan jumlah perolehan suara mencapai 17.932 suara. Dan terakhir adalah pasangan Marthen Ngailu Toni - Agustinus Bernadus Bora. dengan jumlah suara yang diperoleh mencapai 8.374 suara.

Lebih lanjut kata dia jumlah surat suara sah hasil rekapitulasi sebanyak 65.313 suara dan surat suara tidak sah sebanyak 646 suara. Sementara itu total suara sah dan tidak sah sebanyak 65.959 suara.

Pilkada Sumba Barat diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan Agustinus Niga Dapawole-Gregorius HBL Pandango (paket Niga-Oris) yang diusung Partai Gerindra, Nasdem, dan PAN.

Kemudian pasangan Marthen Ngailu Toni-Agustinus Bernadus Bora (paket Toni-Agus) diusung PDIP dan PKB. Pasangan Daniel Bili-Timotius Ragga, (paket Animo) diusung Partai Golkar, Hanura, dan PSI.

Selanjutnya pasangan Yohanes Dade-John Lado Bora Kabba (paket John-John) diusung Partai Demokrat dan Perindo.

Baca juga: Pemungutan suara pada 3.999 TPS di NTT sudah selesai