Perlu peningkatan pencegahan korupsi

id NTT,korupsi di NTT

Perlu peningkatan pencegahan korupsi

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef A Nae Soi (Antara/ Benny Jahang)

Kami sebagai pemimpin daerah yakni Gubernur dan Wakil Gubernur juga punya kewenangan untuk mengawasi kinerja birokrasi. Juga punya tanggung jawab melakukan pengawasan terhadap terjadinya korupsi,
Kupang (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef A. Nae Soi mengatakan perlu ada peningkatan pengawasan dan pencegahan bagi tindakan korupsi di provinsi berbasis kepulauan tersebut.

"Pencegahan itu sangat penting. Kami menjaga kinerja yang jujur dan transparan," kata Wakil Gubernur Josef A Nae Soe seperti dalam keterangan tertulis Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT yang diterima di Kupang, Kamis.

Wakil Gubernur NTT, Josef A Nae Soi mengatakan hal itu ketika menerima kunjungan tim KPK RI dan Inspektur Daerah Provinsi NTT.

"Kami sebagai pemimpin daerah yakni Gubernur dan Wakil Gubernur juga punya kewenangan untuk mengawasi kinerja birokrasi. Juga punya tanggung jawab melakukan pengawasan terhadap terjadinya korupsi," ungkap Josef A Nae Soi.

Ia mengatakan, kinerja Inspektorat NTT cukup baik dalam hal pengawasan, sehingga ada upaya bersama dalam peningkatan-peningkatan kinerja dan juga hal-hal teknis untuk mencegah terjadinya korupsi di daerah ini.

Baca juga: Wagub NTT: 600 tabung oksigen untuk pasien COVID segera tiba
Baca juga: Kata Wagub NTT tambahan 100 tempat tidur pasien COVID-19 siap digunakan


Wagub Josef A Nae Soi juga mengatakan akan meminta setiap Bupati dan Walikota untuk juga menjalankan pengawasan.

Sementara itu Koordinator Wilayah V KPK RI Dian Patria mengatakan akan terus bersama Pemda NTT melakukan pengendalian bersama terhadap tindakan korupsi.

"Kita akan selalu kolaborasi bersama Pemda dalam hal ini mengawasi dan mengontrol serta mencegah korupsi," kata Dian.

Menurut dia beberapa kabupaten di NTT yang Monitoring Control for Prevention (MCP) masih rendah.

"Kami akan minta agar kiranya bisa ditingkatkan. Kemajuan teknologi informasi akan menjadi instrumen untuk terus meningkatkan kinerja dan menjamin kegiatan pemerintahan daerah bebas dari praktik KKN," tegas Dian.

Dian mengatakan saat ini akan dilakukan beberapa kegiatan di NTT yaitu Tematik untuk bidang pariwisata dan pertambangan dan juga untuk sertifikasi lahan dimana untuk menyelamatkan aset-aset daerah.
Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar