Kapolda NTT ajak seluruh masyarakat bersama jaga keamanan

id Kapolda NTT, pengamanan , teroris, kota kupang

Kapolda NTT ajak seluruh masyarakat bersama jaga keamanan

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif (kiri) didampingi Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana (kedua kiri) saat meninjau salah satu gereja di Kota Kupang. Kamis (1/4). Antara/Kornelis Kaha.

kita terus saling berkoordinasi baik dengan TNI maupun dengan pihak-pihak terkait untuk menjaga keamanan di NTT
Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Lotharia Latif mengajak seluruh masyarakat di provinsi berbasis kepulauan itu untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di daerah itu.

"Kami imbau agar masyarakat sama-sama menjaga situasi keamanan di NTT ini semoga NTT tetap aman dan damai," katanya disela-sela kunjungannya meninjau pengamanan di gereja Katedral Kota Kupang, Kamis, (1/4).

Hal ini disampaikan berkaitan dengan situasi keamanan di NTT menyusul adanya serangan terduga teroris di Mabes Polri pada Rabu (31/3) kemarin dan juga aksi bom bunuh diri di Makassar baru-baru ini.

Ia mengatakan bahwa sebenarnya untuk pengamanan di wilayah NTT ini sudah mulai dilakukan dengan operasi Semana Santa, tujuannya sama yakni untuk menjaga keamanan dan ketertiban jelang perayaan Paskah Umat Kristiani.

"Kita terus saling berkoordinasi baik dengan TNI maupun dengan pihak-pihak terkait untuk menjaga keamanan di NTT," ujar dia.

Komandan berbintang dua itu menambahkan bahwa masyarakat juga harus selalu mewaspadai berbagai hal yang terjadi di sekitarnya. Ia meminta masyarakat di NTT untuk melaporkan ke pihak berwajib jika menemukan ada hal-hal yang mencurigakan.

Ia juga meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan berbagai informasi hoaks yang dapat menimbulkan konflik akibat yang berkepanjangan yang berujung pada rusaknya toleransi antarumat beragama di NTT.

Baca juga: Pengamanan ditingkatkan pada semua kantor polisi di NTT

Terkait kunjungan ke gereja-gereja, orang nomor satu di Polda NTT itu menambahkan bahwa dirinya ke gereja-gereja bertujuan untuk mengecek pengamanan internal gerejanya untuk digabungkan dengan pengamanan dari Polda NTT.

Iapun mengakui bahwa setelah serangan di Mabes Polri juga membuat pihaknya untuk meningkatkan pengamanan baik itu di markas Polda, di Polres serta di polsek-polsek.

Baca juga: Kapolda NTT perintahkan perkuat pengawasan jelang perayaan Paskah

Terkait keberadaan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di NTT, Kapolda mengatakan bahwa pihaknya masih terus memantau keberadaan kelompok itu.

Sampai saat ini juga situasi keamanan di NTT masih kondusif dan hal ini berkat kerja sama semua pihak di provinsi berbasis kepulauan itu.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar