BIG sebut Sumba Timur ada di pertemuan "outlet"' DAS

id Banjir Sumba Timur, banjir bandang,Badan Informasi Geospasial(BIG) ,NTT,siklon Seroja

BIG sebut Sumba Timur ada di pertemuan "outlet"' DAS

Peta yang disampaikan Badan Informasi Geospasial (BIG) yang menganalisa bencana banjir yang melanda Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu (4/4/2021), terjadi karena wilayah itu menjadi pertemuan titik tuang (outlet) dari daerah aliran sungai (DAS). (FOTO ANTARA/HO-Humas BIG).

Wilayah seperti ini rawan diterjang banjir dan banjir bandang jika terkena limpasan air saat intensitas hujannya ekstrem
Jakarta (ANTARA) - Badan Informasi Geospasial (BIG) menyatakan bencana banjir yang melanda Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu (4/4), diperkirakan terjadi karena wilayah itu menjadi pertemuan titik tuang (outlet) dari daerah aliran aungai (DAS) sehingga rawan banjir.

"Wilayah seperti ini rawan diterjang banjir dan banjir bandang jika terkena limpasan air saat intensitas hujannya ekstrem," kata Koordinator Informasi Geospasial Tematik Kebencanaan (BIG), Ferrari Pinem, melalui pernyataan yang diterima di Jakarta, Minggu  (18/4).

Ia menjelaskan simpulan tersebut setelah BIG melakukan kajian geomorfologis terhadap wilayah Kabupaten Sumba Timur yang terdampak siklon tropis Seroja.

Berdasarkan kajian, kata dia, lokasi terdampak banjir bandang yang ada di Pulau Sumba berada pada cekungan dataran banjir yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan.

Dataran banjir ini terbentuk pada lembah di antara pegunungan berbatuan vulkanik di sebelah utara dan perbukitan berbatuan sedimen di sebelah selatannya.

"Material yang terendapkan pada lembah ini berasal dari proses pengikisan material lereng pegunungan di sekelilingnya," katanya.

Proses sedimentasi, kata dia, membuat material alluvium, lempung, serta berbagai batuan yang berasal dari lereng kaki bukit menjadi mengendap.

"Pegunungan vulkanik di sebelah utara wilayah terdampak memiliki material dari Gunung Silo (GSO) dengan batuan berupa andesit, basalt, diorite, dan abbro," katanya.

Ia mengatakan pegunungan tersebut sudah menampakkan proses pengikisan, hal ini terlihat dari banyaknya DAS kecil yang terbentuk di lereng sebelah selatan yang langsung menghadap lembah.

"Material pegunungan ini terkikis dan terendapkan secara gravitasi di lereng kaki dan lembah yang ada di bawahnya," katanya.

Beberapa outlet DAS bertemu di kaki lereng dan masuk ke area lembah. Pertemuan outlet beberapa DAS menjadi area yang rawan terkena akumulasi limpasan air jika hujan turun secara merata di seluruh area lereng pegunungan, kata Ferrari Pinem.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Timur menginformasikan sebanyak 54 kepala keluarga (KK) atau 165 jiwa mengungsi, sedangkan 109 KK atau 475 jiwa terdampak oleh bencana banjir.

Baca juga: 5.000 rumah warga di Sumba Timur rusak diterjang badai Seroja

Baca juga: Bandara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur tutup akibat bencana