Fadjroel sebut Indonesia dalam kondisi "berperang" melawan COVID-19

id Fadjroel Rachman, ppkm darurat

Fadjroel sebut Indonesia dalam kondisi "berperang" melawan COVID-19

Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Fadjroel Rachman saat memberikan sambutan pada webinar bertajuk "#PPKMDarurat: Pandemi dan Daya Tahan Ekonomi", yang disaksikan melalui aplikasi Zoom di Jakarta, Selasa (6/7/2021). (Rangga Pandu Asmara Jingga)

...kondisi sekarang kita betul-betul dalam tanda kutip berperang melawan COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Fadjroel Rachman menegaskan saat ini Indonesia sedang berada pada kondisi yang benar-benar "berperang" melawan COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Fadjroel dalam webinar bertajuk "#PPKMDarurat: Pandemi dan Daya Tahan Ekonomi", yang disaksikan melalui aplikasi Zoom di Jakarta, Selasa, (6/7).

"Kita saat ini berada dalam masa PPKM Darurat di Jawa-Bali. Tapi, untuk daerah Indonesia tengah dan timur tetap saja harus menjalankan protokol kesehatan sebaik-baiknya, karena kondisi sekarang kita betul-betul dalam tanda kutip 'berperang' melawan COVID-19," ujar Fadjroel.

Fadjroel mengatakan mutasi COVID-19 terbaru sudah sangat mengkhawatirkan, dimana orang-orang terdekat di lingkaran masing-masing masyarakat sudah mulai terkena virus tersebut.

Dia menyampaikan pada 5 Juli 2021, jumlah kasus positif bertambah 29.745 orang dan tampak akan terus naik hingga titik tertentu.

"Tapi pak Luhut, 'Panglima Perang' kita mengatakan di Jawa dan Bali di titik tertentu akan ada penurunan. Mudah-mudahan tidak ada lagi PPKM Darurat dua, tiga dan seterusnya," kata Fadjroel.

Ia mengatakan pemerintah selama dua tahun terakhir sudah menjalankan strategi di bidang kesehatan, perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi.

Dana yang dikeluarkan juga cukup besar, yakni mencapai Rp695,2 triliun di 2020, dan akan dilanjutkan sebesar Rp699,43 triliun dengan tambahan Rp193,93 triliun pada 2021.

Baca juga: Luhut sebut Pemerintah sudah perhitungkan skenario terburuk kasus COVID-19
Baca juga: Jaksa Agung perintah jajaran awasi program PPKM Darurat


"Kita juga tahu Presiden menginginkan 70 persen herd immunity bisa segera tercapai di zona merah dan pada akhir tahun diharapkan herd immunity tercipta pada 70 persen masyarakat di seluruh Indonesia, dimana 3 juta orang akan divaksinasi per hari pada Agustus 2021," ujar dia.