Pemkab Kupang bangun 100 lokasi agrowisata

id NTT,kabupaten kupang,lokasi wisata

Pemkab Kupang bangun 100 lokasi agrowisata

Bupati Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno. ANTARA/Benny Jahang

...Pemerintah sedang mendesain pembangunan agrowisata di wilayah Amfoang karena daerah itu termasuk sangat potensial dalam pembangunan sektor pertanian dan pariwisata
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, telah membangun lebih dari 100 lokasi agrowisata dalam meningkatkan kinerja sektor pertanian dan mendukung pembangunan pariwisata.

"Lokasi agrowisata di Kabupaten Kupang yang sudah dibangun mencapai 100 lebih. Keberadaan agrowisata ini sangat membantu petani selama pandemi COVID-19," kata Bupati Kupang Korinus Masneno dalam kegiatan panen perdana hasil usaha petani di lokasi agrowisata Desa, Kotabes, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Selasa, (7/9).

Ia mengatakan sektor pertanian menjadi salah satu sektor unggulan di Kabupaten Kupang yang menjadi daerah penyangga kebutuhan pangan untuk Kota Kupang.

Ia mengatakan 100 lokasi agrowisata itu tersebar di wilayah Amarasi, Kupang Tengah dan Kupang Timur.

"Pemerintah sedang mendesain pembangunan agrowisata di wilayah Amfoang karena daerah itu termasuk sangat potensial dalam pembangunan sektor pertanian dan pariwisata," tegas Korinus.

Ia mengatakan, keberadaan agrowisata juga menjadi penopang untuk kegiatan pembangunan pada sektor pariwisata.

Menurut dia, Kabupaten Kupang memiliki banyak obyek wisata unggulan baik wisata alam maupun budaya yang tersebar di setiap kecamatan.

Ia mengatakan keberadaan kawasan agrowisata yang tersebar diberbagai lokasi dan dikembangkan para petani itu akan membantu mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Anggota DPR-RI asal NTT Julie Sutrisno Laiskodat berharap Pemerintah Kabupaten Kupang terus mengembangkan kawasan agrowisata ke semua kecamatan di daerah itu.

"Berbagai inovasi dilakukan petani di Amarasi yang sudah sukses mengembangkan agrowisata agar diterapkan di kecamatan lain di Kabupaten Kupang, sehingga daerah ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi agrowisata baru," katanya.

Julie yang juga Ketua PKK Provinsi NTT itu menyatakan siap membantu pemerintah dalam mendesain lokasi agriwisata agar menjadi lebih menarik.

"Penataan yang baik akan mendorong orang untuk datang berkunjung tempat agrowisata yang telah ditatap secara baik. Kita buat lokasinya benar-benar aman dan nyaman sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi warga," katanya.

Baca juga: 694 nakes Kabupaten Kupang dapat vaksinasi dosis tiga
Baca juga: Bupati Masneno apresiasi petani Amarasi produksi VCO