BTN dukung elektrifikasi 305 rumah di Flores Timur

id BTN

BTN dukung elektrifikasi 305 rumah di Flores Timur

Direktur Bank BTN Nixon LP Napitupulu (kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan elektrifikasi kepada perwakilan dari tiga desa di, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur, NTT, Rabu (7/3). (Foto ANTARA/Kornelis Kaha)

PT Bank BTN Tbk mendukung kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Kabupaten Flores Timur, NTT dengan fokus pada elektrifikasi bagi sekitar 305 rumah warga yang belum mendapat penerangan listrik selama ini.
Kupang (AntaraNews NTT) - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mendukung kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang telah dilakukan di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur dengan memfokuskan pada elektrifikasi bagi sekitar 305 rumah warga yang belum mendapat penerangan listrik selama ini.

Direktur Bank BTN Nixon L Napitupulu kepada Antara Kupang, Kamis, mengatakan program elektrifikasi bagi ratusan rumah warga tersebut merupakan salah satu kegiatan yang menjadi perhatian perseroan dalam membantu masyarakat di Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur untuk menikmati penerangan listrik.

"Program ini sekaligus untuk mendukung dan melaksanakan amanat Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam mendorong kemajuan kawasan tertinggal seperti di Tanjung Bunga itu," katanya.

Nixon menjelaskan BTN sendiri memang sangat fokus dalam membantu masyarakat sebagai wujud dan tanggung jawab Corporate Social Responsibility (CSR) Bank BTN kepada masyarakat.

"Jadi kami sangat mendukung program ini agar dengan kegiatan tersebut masyarakat di Kecamatan Tanjung Bunga, Flores Timur dapat menikmati penerangan dari listrik," tambahnya.

Selain bantuan elektrifikasi bagi ratusan rumah warga di Flores Timur, BTN juga memberikan bantuan 10 unit rumah bagi para pejuang integrasi Timor Timur yang bermukim di wilayah Timor Barat, Nusa Tenggara Timur.

Bantuan 10 unit rumah tersebut langsung diserahkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno saat berkunjung ke Kota Kupang dan Kabupaten Kupang pada Selasa (6/3) lalu.

Untuk bantuan di Kabupaten Flores Timur Bank BTN bersinergi dengan PLN menyalurkan listrik ke setidaknya 305 KK yang tinggal di kecamatan Tanjung Bunga, ujung timur Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur.

Bantuan elektrifikasi BUMN Hadir Untuk Negeri di NTT dilakukan di enam desa yang meliputi Desa Kolaka, Desa Bahinga, Desa Bandona, Desa Waibao, Desa Lewobunga dan Desa Nusanipa.

Sementara Bank BTN fokus pada tiga desa di Kecamatan Tanjung Bunga tersebut yaitu Desa Waibao, Nusanipa dan Lewobunga. Menurutnya dengan kegiatan yang dilakukan oleh perseroan di wilayah tersebut, maka rasio elektrifikasi di tiga desa yang menjadi fokus dari Bank BTN tersebut total bisa mencapai 60,63 persen.

Sementara itu Menteri BUMN Rini M Soemarno dalam kunjungan kerja hari kedua di NTT tepatnya di kabupaten Flores Timur menjelaskan listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat, sehingga dengan bantuan yang diberikan tentunya memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Ini merupakan bentuk nyata BUMN hadir untuk masyarakat di wilayah Larantuka, NTT. Pemerintah terus mendorong peningkatan rasio elektrifikasi desa terutama di daerah 3T. Terima kasih kepada PLN dan BTN yang sudah hadir, berkontribusi bagi masyarakat di Larantuka, khususnya Kecamatan Tanjung Bunga," ujar Menteri Rini.