Mabes TNI-Kemenkes gelar baksos di pulau terluar

id Kesehatan

Mabes TNI-Kemenkes gelar baksos di pulau terluar

Markas Besar TNI-AD bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI menggelar Bhakti Sosial Kesehatan di Desa Helebai, Kecamatan Lolabain, Kabupaten Rote Ndao yang merupakan pulau terluar NKRI. (ANTARA Foto/Penrem WS)

Markas Besar TNI-AD bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI menggelar Bhakti Sosial Kesehatan di Desa Helebai, Kecamatan Lolabain, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur yang merupakan pulau terluar NKRI.
Kupang (AntaraNews NTT) - Markas Besar TNI-AD bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI menggelar Bhakti Sosial Kesehatan di Desa Helebai, Kecamatan Lolabain, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur yang merupakan pulau terluar NKRI.

Wakil Komandan Kesehatan Korem 161/Wirasakti Kupang, Mayor Ckm Ketut Sukrisno, saat dihubungi Antara dari Kupang, Jumat (4/5) mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian penutupan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 di Kodim 1627/Rote Ndao.

"Program TMMD di pulau Rote sudah dijalankan selama sebulan penuh, dan selama itu berbagai kegiatan sudah dilakukan untuk membantu masyarakat di gerbang terselatan Indonesia itu," katanya.

Bakti sosial yang digelar di pulau paling selatan NKRI itu terdiri dari pemeriksaan kesehatan sekaligus pengobatan gratis bagi warga setempat yang memang sulit menjangkau fasilitas kesehatan.

Baca juga: TNI garda terdepan jaga pulau-pulau kecil
. Markas Besar TNI-AD bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI menggelar Bhakti Sosial Kesehatan di Desa Helebai, Kecamatan Lolabain, Kabupaten Rote Ndao yang merupakan pulau terluar NKRI. (ANTARA Foto/Penrem WS)
Ketut menambahkan bakti sosial kesehatan itu juga diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di wilayah tersebut. Dalam bakti sosial kesehatan itu pihaknya tidak menunggu masyarakat yang datang untuk berobat, tetapi justru TNI menyiapkan kendaraan untuk menjemput warga yang rumahnya jauh.

Lebih lanjut ia menyampaikan jumlah warga yang berobat mencapai 162 orang dengan rincian 25 orang menderita hipertensi, 30 orang menderita ISPA atau masalah pernapasan serta penyakit lainnya.

Dalam kesempatan itu juga pihaknya mengelar sunatan massal yang diikuti sekitar 15 orang peserta. Alasan dipilihnya lokasi tersebut untuk menggelar pengobatan massal karena kecamatan Lolabain jauh dari perkotaan dan fasilitas kesehatan.

Baca juga: TNI gelar operasi teritorial di perbatasan
. Markas Besar TNI-AD bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI menggelar Bhakti Sosial Kesehatan di Desa Helebai, Kecamatan Lolabain, Kabupaten Rote Ndao yang merupakan pulau terluar NKRI. (ANTARA Foto/Penrem WS)