Kemenhub inspeksi kapal pengangkut ternak

id KM Cemara

Kemenhub inspeksi kapal pengangkut ternak

KM Cemara Nusantara bantuan Kementerian Perhububungan untuk mengangkuta ternak dari Nusa Tenggara Timur, Jumat (4/5) tiba di Pelabuhan Tenau Kupang. (ANTARA Foto/Kornelis Kaha)

Kementerian Perhubungan menggelar inspeksi di atas kapal pengangkut ternak KM Camara Nusantara III yang merupakan kapal bantuan dari Pemerintah Pusat di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggata Timur, Jumat (4/5).
Kupang (AntaraNews NTT) - Kementerian Perhubungan menggelar inspeksi di atas kapal pengangkut ternak KM Camara Nusantara III yang merupakan kapal bantuan dari Pemerintah Pusat di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggata Timur, Jumat (4/5).

Kapten Kapal Camara Nusantara III Abdul Gaffar kepada wartawan mengatakan sebenarnya kapal itu sudah tiba di Pelabuhan itu pada Kamis (3/5), pukul 06.00 Wita, namun hari ini baru dilakukan inspeksi  oleh pihak inspektorat.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan kapal yang memang diperbantukan untuk menambah armada pengangkutan ternak di provinsi berbasis kepulauan itu.

Ia mengatakan kapal itu akan melayani rute pengiriman sapi dari Kupang-Jakarta. Kemudian juga Kupang-Bengkulu.

Namun untuk sementara karena memang rute Kupang-Bengkulu belum ada kerja sama maka saat ini rutenya Kupang-Jakarta.

Sementara itu pihak PT Pelni Kupang yang menjadi Operator KM. Camara Nusantara III menyatakan dengan ini sudah ada tiga kapal Camara Nusantara yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada masyarakat NTT.

Baca juga: Kapal ternak untuk NTT sudah tiba
. KM Cemara Nusantara bantuan Kementerian Perhububungan untuk mengangkuta ternak dari Nusa Tenggara Timur, Jumat (4/5) tiba di Pelabuhan Tenau Kupang. (ANTARA Foto/Kornelis Kaha) 
"Ketiga kapal pengangkut itu antara lain, KM. Camara Nusantara I, II dan III yang baru tiba kemarin dan hari ini dilakukan inspeksi," kata Kepala Pelni Cabang Kupang Ishak Gerald.

Ia mengatakan kapasitas untuk memuat ternak dari Kupang juga tidak ada perbedaan dengan dua kapal sebelumnya, yakni jumlahnya mencapai 500 ekor.

Dengan adanya kapal ini maka otomatis akan banyak hewan ternak yang akan dikirim dari NTT menuju ke daerah-daerah di luar NTT yang membutuhkan.

Sementara itu Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI Teguh Pambudi mengatakan bahwa secara lengkap rute kapal Camara Nusantara III adalah Kupang-Tanjung Priok-Cirebon-Kupang-Cirebon-Bengkulu-Cirebon-Kupang.

Sementara Camara Nusantara II rutenya adalah Kupang -Wini - Atapupu - Tanjung Priok-Kupang. Kemudian untuk Camara Nusantara I rutenya adalah Kupang - Waingapu-Tanjung Priok - Cirebon - Kupang.