Daerah irigasi Bena juara satu tingkat nasional

id Andre

Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang NTT Andre W Koreh

Daerah irigasi Bena di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur meraih juara satu tingkat nasional lomba operasi dan pemeliharan (OP) daerah irigasi teladan tahun 2018.
Kupang (AntaraNews NTT) - Daerah irigasi Bena di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur meraih juara satu tingkat nasional lomba operasi dan pemeliharan (OP) daerah irigasi teladan tahun 2018.

"Selain juara OP, NTT juga meraih juara satu lomba Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A)," kata Kepala Bidang OP Sumber Daya Air (SDA) dan Irigasi Dinas PUPR NTT Beni Nahak kepada Antara di Kupang, Jumat (25/5).

Ia mengatakan tim penilai dari Jakarta sudah mengunjungi lokasi, dan hari ini tim akan melanjutkan kunjungan ke Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara sebagai peraih juara dua dan tiga nasional.

Menurut dia, sukses yang diraih NTT pada lomba OP tahun 2018 ini merupakan yang ketiga kalinya. Pada tahun 2016 DI Malaka di Kabupaten Malaka meraih juara tiga lomba OP DI nasional, dan tahun 2017 P3A Air Sagu di Kabupaten Malaka juga mendapat juara lima.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTT, Andre W Koreh secara terpisah menyampaikan selamat kepada para pemenang lomba DI dan P3A.

"Ini pemenang sementara. Penilaian tahap II berupa visitasi lapangan baru mulai dilakukan pada minggu ketiga bulan Mei 2018 ini," katanya. Sebagai Kepala Dinas PUPR Provinsi NTT yang mempresentasikan materi ini, dirinya tentu sangat senang dan bangga.

"Tapi hal ini bukan sekedar untuk meraih juara tapi demi peningkatan kapasitas semua pengelola operasi dan pemeliharaan daerah irigasi di NTT," katanya.

"Kita sudah punya kiblat, yaitu DI Malaka. Sekarang DI Bena. Ke depan DI yang lain menyusul. Di NTT ada 26 DI kewenangan pusat dan 46 DI kewenangan provinsi. Dua yang terbaik, yaitu Malaka dan Bena bisa menjadi kiblat bagi DI yang lain," kata Andre.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar