Dirut Bank NTT Diberhentikan

id Tagu Dedo

Dirut Bank NTT Diberhentikan

Daniel Tagu Dedo (Antara NTT)

"Kami baru selesai RUPS luar biasa. RUPS telah mengambil keputusan memberhentikan Direktur Utama Bank NTT Daniel Tagu Dedo dari jabatan," katanya.
Kupang,  (Antara NTT) - Direktur Utama Bank Pembangunan Nusa Tenggara Timur (Bank NTT), Daniel Tagu Dedo, diberhentikan dari jabatan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa yang berlangsung di Kupang, Selasa, (29/11).

Komisarirs Utama Bank NTT Frans Salem yang dikonfirmasi Antara di Kupang, Selasa membenarkan RUPS luar biasa yang dipimpin Komisaris Pengendali yang juga Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya memberhentikan Daniel Tagu Dedo.

"Kami baru selesai RUPS luar biasa. RUPS telah mengambil keputusan memberhentikan Direktur Utama Bank NTT Daniel Tagu Dedo dari jabatan," katanya.

Masa jabatan Daniel Tagu Dedo sesungguhnya baru akan berakhir pada Desember 2017 mendatang.

RUPS kata Frans Salem yang adalah Sekretaris Daerah NTT itu, juga telah memilih Direktur Pemasaran Bank NTT Edi Bria sebagai Plt Dirut Bank NTT, hingga pemilihan dirut defenitif pada RUPS mendatang.

Mengenai alasan, dia mengatakan ada beberapa persoalan yang menjadi sorotan para pemegang saham dalam RUPS di Labuan Bajo beberapa waktu lalu.

Beberapa persoalan yang menjadi sorotan antara lain, masalah perjalanan dinas Direktur Utama Bank NTT ke luar NTT, masalah mutasi dan pengembangan SDM serta koordinasi internal yang kurang baik.

"Masalah yang paling disoroti adalah masalah pengembangan sumber daya manusia di Bank NTT," kata Frans Salem.

Artinya, RUPS luar biasa ini sesungguhnya merupakan tindaklanjut dari hasil RUPS yang telah diselenggarakan di Labuan Bajo pada 27 Mei lalu, kata Frans Salem.

RUPS luar biasa itu dihadiri semua pemegang saham, antara lain Bupati Manggarai, Deno Kamelus, Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Raymundus Fernandez, Wakil Bupati  Manggarai Barat, Maria Geong.

Selain itu hadir juga, Bupati Kupang Ayup Titu Eko, Bupati Sikka Ansar Parera, penjabat Pupati Lembata Piter Manuk, penjabat Wali Kota Kupang Yohanna Lisapaly, Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora, Bupati Belu Wily Lay, Sekda Flotim Tonce Matutina dan Bupati Sumba Barat Daya Markus Daira Tallu.

Frans Salem mengakui, ada sejumlah pemegang saham yang menolak pemberhentikan Direktur Utama Bank NTT, namun mayoritas menyetujui pemberhentikan, sehingga forum RUPS luar biasa mengambil keputusan pemberhentian.