Prancis pangkas periode isolasi orang terpapar COVID-19 jadi tujuh hari

id Prancis,COVID-19

Prancis pangkas periode isolasi orang terpapar COVID-19 jadi tujuh hari

Dokter Ruxandra Divan duduk di Unit Perawatan Intensif (ICU) untuk pasien COVID-19 di "Hopitaux Civils de Colmar" di Colmar, Prancis, Rabu (15/12/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Yves Herman/hp/sa/aa

. Prancis mengikuti kebijakan negara-negara lain, yang memotong periode isolasi untuk mencegah gangguan pada industri karena kekurangan staf

Paris (ANTARA) - Menteri Kesehatan Prancis Olivier Veran mengatakan pada Minggu (2/1) bahwa pihaknya memangkas periode isolasi untuk warga yang terpapar COVID-19 dari 10 hari menjadi tujuh hari.

Prancis mengikuti kebijakan negara-negara lain, seperti Amerika Serikat, yang memotong periode isolasi untuk mencegah gangguan pada industri karena kekurangan staf.

"Isolasi ini dapat dicabut setelah lima hari jika hasil tes negatif. Bagi warga yang tidak divaksinasi harus mengasingkan diri selama 10 hari,” kata Veran.

Dia juga mengatakan varian baru COVID-19, Omicron, sulit dihentikan karena terlalu mudah menular, kecuali jika "penguncian ketat" diberlakukan. 

Dalam pidato Malam Tahun Baru, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan beberapa minggu ke depan akan sulit karena adanya varian Omicron.

Namun, Macron tidak akan memaksakan untuk memberlakukan pembatasan baru sebagai upaya menahan penyebaran virus corona.

Baca juga: Inggris janjikan Rp 2 triliun untuk bantu negara rentan atasi Omicron

"Kami akan tetap waspada sepanjang Januari", kata Veran dan menambahkan bahwa penyebaran yang dipicu oleh Omicron saat ini bisa menjadi yang terakhir.

Prancis menjadi negara keenam di dunia yang mencatat lebih dari 10 juta kasus infeksi COVID-19 sejak awal pandemi, menurut data resmi yang diterbitkan pada Sabtu (1/1).

Baca juga: Australia akan melonggarkan aturan tes COVID-19

Otoritas kesehatan Prancis mencatat 219.126 kasus baru dalam 24 jam yang dikonfirmasi pada Minggu, (2/1). Sumber : Reuters