Gubernur NTT: Jangan euforia berlebihan

id VIKTOR-JOSS

Gubernur NTT: Jangan euforia berlebihan

Massa pendukung pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 Viktor Bungtilu Laiskodat-Josep Nae Soi (Viktory-Joss) mulai menyemut di halaman Posko Kemenangan Viktory-Joss di Jalan Raya El Tari Kupang, Rabu (27/6) sore, setelah mengetahui bahwa pasangan tersebut unggul sementara dalam ajang Pilgub NTT. (ANTARA Foto/Asis Lewokeda).

"Jangan terlalu berlebihan merayakan kemenangan. Jika memang menang, tenang-tenang saja di posko dan syukuri kemenangan itu sambil menunggu hasil resmi yang diumumkan KPU NTT," kata Gubernur Frans Lebu Raya.
Kupang (AntaraNews NTT) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya mengimbau massa pendukung pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 agar jangan euforia berlebihan sebelum ada pengumuman resmi dari KPU sebagai penyelenggara pilkada.

"Jangan terlalu berlebihan merayakan kemenangan. Jika memang menang, tenang-tenang saja di posko dan syukuri kemenangan itu sambil menunggu hasil resmi yang diumumkan KPU NTT," katanya kepada wartawan di Kupang, Rabu (27/6).

Hal ini disampaikannya saat bersama Forum Pimpinan Kepala Daerah (Forkompinda) di NTT meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Kupang. 

Ia mengatakan setiap massa pendukung harus menunggu keputusan atau hasil hitung resmi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umim (KPU).

Gubernur dua periode itu mengharapkan agar warga harus tetap menjaga suasana yang aman, tenteram dan tertib yang saat ini sedang berlangsung sehingga tak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Viktor-Joss menang telak di TPS-14
Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 Viktor Bungtilu Laiskodat-Josep Nae Soi (Viktor-Joss) untuk sementara unggul dalam Pilgub NTT yang berlangsung, Rabu (27/6). 
"Jika dalam proses perhitungan suara ada paslon yang sudah lebih unggul dibandingkan paslon lain, hendaknya jangan memastikan dahulu kemenangannya karena harus sabar sampai perhitungan suara selesai," katanya.

Sementara itu Kapolda NTT Irjen Pol Raja Erizman juga mengharapkan untuk tidak terlalu beregu merayakan kemenangan karena bisa menimbulkan kecelakaan di jalanan. 

"Kita tak ingin nanti ada yang mengalami kecelakaan karena euforia berlebihan, seperti pawai dan sebagainya," kata jenderal bintang dua itu menegaskan.

Terkait keamanan selama proses pencoblosan sampai perhitungan sementara, dia pun mengatakan sampai saat ini masih dalam suasana kondusif dan tak ada hal-hal yang mencurigakan yang dapat menimbulkan konflik. 

"Kita berharap semuanya berjalan aman dan damai sampai seterusnya," kata Kapolda Erizman. 

Baca juga: Viktor-Joss siap terima hasil Pilgub 2018
Gubernur NTT periode 2008-2013 dan 2013-2018 Frans Lebu Raya (kanan) bersama istrinya Lucia Adinda Dua Nurak-Lebu Raya sedang menunjukkan surat suara usai melakukan pencoblosan dalam ajang Pemilihan Gubernur NTT periode 2018-2023 di Kupang, Rabu (27/6). (ANTARA Foto/Bernadus Tokan)
Padati posko
Sementara itu, massa pendukung pasangan Viktor Laiskodat-Joseph Nae Soi, mulai menyemut di posko pemenangan Viktory-Joss di Jalan Raya El Tari Kupang, beberapa saat setelah pemungutan suara.

Hingga Pukul 16.50 WITA, massa pendukung yang datang dengan berjalan kaki maupun berkendaraan sepeda motor, membanjiri halaman posko kemenangan atau sekretariat pasangan Viktor-Joss.

Nuansa euforia mulai tampak dengan berbagai ungkapan kemenangan diiringi suara kendaraan dari para pendukung sambil menunggu pasangan calon Viktory-Joss yang masih berada di dalam gedung posko pemenangan.

Dari hasil perhitungan cepat lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) yang ditayangkan melalui stasiun Metro TV hingga Pukul 17.22 WITA, Viktory-Joss nomor urut 4 masih unggul dengan perolehan suara 35,94 persen.

Sementara pasangan Esthon L Foenay-Christian Rotok nomor urut 1 meraih 19,48 persen suara. Pasangan Marianus Sae-Emmilia Nomleni nomor urut 2 meraih 26,96 persen suara dan pasangan Benny K Harman-Benny A Litelnoni nomor urut 3 meraih 17,62 persen suara. Jumlah suara yang sudah masuk mencapai 84,33 persen.

Baca juga: Pilkada NTT - Pasangan Viktor-Joss perkuat saksi
Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 Viktor Bungtilu Laiskodat-Josep Nae Soi (Viktor-Joss) untuk sementara unggul dalam Pilgub NTT yang berlangsung, Rabu (27/6).