BI NTT jalin kerja sama Pemprov-PT manfaatkan perpustakaan

id perpustakaan BI,kerja sama perpustkaan,BI NTT,minat baca NTT,perpustkaan NTT,NTT,SDM NTT

BI NTT jalin kerja sama Pemprov-PT manfaatkan perpustakaan

Tangkapan layar - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT I Nyoman Ariawan Atmja menandatangi kerja sama pemanfaatan perpustakaan dengan pemerintah provinsi dan dua perguruan tinggi dalam kegiatan webinar di Kupang, Jumat (8/4/2022). (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

...Salah satu isu krusial di NTT yaitu masih rendahnya kualitas sumber daya manusia, sehingga kerja sama pemanfaatan perpustakaan ini sebagai langkah penting dalam upaya mendorong pembenahan
Kupang (ANTARA) - Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Timur menjalin kerja sama dengan pemerintah provinsi dan perguruan tinggi (PT) di Kota Kupang dalam rangka pemanfaatan perpustakaan untuk meningkatkan budaya membaca masyarakat di provinsi setempat.

"Salah satu isu krusial di NTT yaitu masih rendahnya kualitas sumber daya manusia, sehingga kerja sama pemanfaatan perpustakaan ini sebagai langkah penting dalam upaya mendorong pembenahan," kata Kepala Perwakilan BI NTT I Nyoman Ariawan Atmaja dalam webinar bertema "Perencanaan Keuangan dan Investasi bagi Milenial dan Bedah Buku Investor Blueprint" di Kupang, Jumat, (8/3).

Kerja sama pemanfaatan perpustakaan dilakukan bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan NTT, Akademi Keuangan Dan Perbankan Effata Kupang, dan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang dalam rangka menyambut Hari Buku Sedunia pada 23 April 2022.

Ariawan menjelaskan BI sendiri memiliki perpustakaan yang menyimpan berbagai buku dalam bentuk fisik maupun elektronik tentang perekonomian yang dapat dimanfaatkan masyarakat umum.

"Kami ingin mendorong kerja sama antar perpustakaan yang diharapkan dapat meningkatkan minat membaca masyarakat terutama mahasiswa atau kalangan milenial," katanya.

Ariawan mengatakan dengan kerja sama itu, pihaknya juga ingin mengedukasi generasi muda di NTT tentang perekonomian, literasi keuangan, investasi dan sebagainya.

Ia menambahkan kualitas sumber daya manusia merupakan aspek yang sangat penting untuk terus dibenahi untuk menciptakan kemajuan peradaban bangsa atau daerah.

Baca juga: Pemprov NTT pantau implementasi program pendidikan Inovasi di Sumba

Sementara itu Direktur Akademi Keuangan Dan Perbankan Effata Kupang Adriana Lopo mengapresiasi kerja sama lintas sektor dalam pemanfaatan perpustakaan.

Perpustakaan merupakan tempat berkreasi, menggali dan menambah ilmu pengetahuan sehingga memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan, katanya.

Baca juga: Ombudsman NTT minta sekolah tak pulangkan siswa karena belum bayar iuran

Di sisi lain, kata dia kehadiran perpustakaan digital e-library yang disediakan pihak BI juga merupakan hal yang sangat penting dalam menghadapi era industri 4.0.

"Karena itu kami sangat berterima kasih kepada pihak BI atas kerja sama ini sebagai bagian dari gerak bersama membangun sumber daya manusia yang unggul di NTT," katanya.