Pertamina bantu pembangunan pasar di perbatasan

id Mardian

Pertamina bantu pembangunan pasar di perbatasan

Branch Manager Marketing PT Pertamina (Persero) NTT, Mardian (kiri) menyerahkan bantuan dana untuk pembangunan pasar perbatasan kepada Kasrem 161/Wirasakti, Kolonel Czi Aji Jaya. (ANTARA Foto/istimewa)

Pertamina cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur memberikan bantuan senilai Rp200 juta untuk pembangunan pasar di perbatasan Indonesia-Timor Leste.
Kupang (AntaraNews NTT) - Pertamina cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur memberikan bantuan senilai Rp200 juta untuk pembangunan pasar di perbatasan Indonesia-Timor Leste.

"Bantuan dana yang bersumber dari dana sosial perusahan itu telah diserahkan melalui Korem 161/Wirasakti untuk pelaksanaan di lapangan," kata Branch Manager Marketing PT Pertamina (Persero) NTT Mardian kepada wartawan di Kupang, Sabtu (11/8).

Dia mengemukakan hal itu, ketika menjelaskan pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina senilai Rp670 juta untuk masyarakat.

"Total dana yang dianggarkan untuk kegiatan CSR kali ini berjumlah sekitar Rp671 juta. Dana tersebut dipakai untuk bakti sosial kesehatan kerja sama Pertamina dengan RS TNI Angkatan Laut Samuel J Moeda Kupang sebesar Rp271 juta," katanya.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial telah membangun sejumlah pasar di wilayah perbatasan RI-Timor Leste beberapa tahun lalu.

Namun, pembangunan pasar tersebut praktis tidak digunakan karena Timor Leste belum mengeluarkan pas lintas batas (PLB) untuk warganya yang hendak beoergian ke Indonesia.

Baca juga: Danrem: Revitalisasi pasar di perbatasan perkuat ekonomi

Akibatnya, pasar tersebut hanya menjadi tempat berlindungnya hewan saat musim kemarau dan musim hujan.

Pemberian bantuan untuk pembangunan pasar perbatasan RI-Timor Leste senilai Rp200 juta.

Pemberian bantuan alat kesehatan oleh Organisasi Persatuan Wanita Patra kepada 14 posyandu di Kota Kupang senilai Rp150 juta, serta pemberian bantuan alat tulis dan sembako 1.000 paket oleh Hiswana Migas senilai Rp50 juta.

"Bakti sosial yang digelar berupa pelayanan pengobatan umum bagi 1.000 warga, operasi katarak, operasi skala minor dan sedang, khitanan massal serta promosi kesehatan gigi dan pemberian sikat gigi plus pasta gigi bagi 400 anak dari delapan sekolah dasar di Kota Kupang," katanya menjelaskan.

Ia menambahkan untuk Ke depan Pertamina akan kembali melaksanan kegiatan CSR lainnya yang dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Baca juga: BI bantu revitalisasi pasar Cinta Rupiah perbatasan