Kapal Wahyu Ilahi belum ditemukan

id SAR

Kapal Wahyu Ilahi belum ditemukan

Tim SAR sedang melakukan pencarian terhadap KM Wahyu Ilahi yang dilaporkan tenggelam dari pelayaran dari Maumere menuju Jeneponto. (SAR Maumere)

Tim SAR belum menemukan keberadaan KLM Wahyu Ilahi yang hilang dalam pelayaran dari Flores menuju Jeneponto, Sulawesi Selatan.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere, Nusa Tenggara Timur I Putu Sudayana mengatakan Tim SAR belum menemukan keberadaan KLM Wahyu Ilahi yang hilang dalam pelayaran dari Flores menuju Jeneponto, Sulawesi Selatan.

"Kami sedang melakukan upaya pencarian terhadap KLM Wahyu Ilahi yang diduga hilang di perairan Flores. Namun kami belum dapat memastikan di mana posisi kapal itu berada karena wilayah perairan Flores sangat luas," kata I Putu Sudayana ketika dihubungi Antara dari Kupang, Minggu (2/9).

Dia mengatakan, berdasarkan informasi dari Haji Muhammad Nur sebagai pemilik kapal pengakut hewan KLM Wahyu Ilahi bahwa posisi terakhir kapal itu berada di Dermaga Maropokot, Kabupaten Nagekeo, Flores, Jumat (30/8).

Putu mengatakan, KLM Wahyu Ilahi berangkat dari Pelabuhan Maropokot, Kabupaten Nagekeo pada Jumat (30/8) pukul 02.00 Wita.

Baca juga: Basarnas Kupang kirim tim penyelamat ke Lombok
Baca juga: Tim SAR temukan korban yang tewas tenggelam


"Setelah berangkat tidak ada kontak lagi yang dilakukan nakhoda kapal sehingga tidak diketahui posisi kapal terakhir di mana," ujar Putu.

Menurut dia, kapal Motor Wahyu Ilahi 02 GT 66 itu ditumpangi 13 orang terdiri dari delapan ABK termasuk nakhoda dan lima orang penumpang.

"Kapal ini juga bermuatan hewan yang hendak dibawa ke Jeneponto, Sulawesi Selatan," tegasnya.

Putu menjelaskan, upaya pencarian terhadap kapal yang ditumpangi 13 orang itu?melibatkan potensi SAR seperti TNI AL, AD, Polair, BPBD maupun potensi SAR lainnya di Pulau Flores.