Enea Bastianini bertekad bikin kejutan di GP Prancis

id Enea bastianini, motogp, gresini racing, grand prix Prancis,Gp prancis

Enea Bastianini bertekad bikin kejutan di GP Prancis

Pebalap Gresini Racing MotoGP Enea Bastianini bersama dengan tim pendukungnya pada Grand Prix (GP) Prancis di Sirkuit de la Sarthe atau Sirkuit Le Mans, Sabtu (14/5/2022). HO/MotoGP-Gresini Racing

Jadi bisa dibilang kami sudah kembali...
Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Gresini Racing MotoGP Enea Bastianini bakal mengawali balapan Grand Prix (GP) Prancis di Sirkuit Bugatti, Le Mans dari posisi lima, namun pebalap Italia itu bertekad bisa membuat kejutan guna meraih poin maksimal.

Enea Bastianini sebenarnya berpeluang meraih pole position namun di beberapa section terlalu melebar sehingga hanya bisa masuk lima besar kualifikasi. Catatan waktunya juga tidak jauh dari peraih pole position Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang terpaut 0,261 detik.

"Semuanya berjalan lancar, meskipun baris terdepan nyaris diraih. Kita akhirnya bisa menunjukkan bisa kencang sepanjang persiapan balapan kali ini yang tak terlihat di seri sebelumnya. Jadi bisa dibilang kami sudah kembali,” kata Bastianini dalam keterangan resmi yang diterima media, Sabtu, (14/5/2022).

Selama kualifikasi, pebalap dukungan Federal Oil itu mengaku menghadapi beberapa kendala teknis, namun Enea menyatakan semua keadaan harus dihadapi termasuk untuk menyodok ke barisan depan.

"Kita harus siap dan bila kemungkinan hujan. Memulai balapan dekat dengan baris terdepan akan menjadi keuntungan tersendiri. Sepertinya Fabio Quartararo punya motor kencang, tapi kita akan mencoba untuk menandinginya," kata dia.

Sementara itu, rookie MotoGP 2022 yakni Fabio Di Giannantonio yang juga rekan satu tim Enea  masuk 16 besar kualifikasi. Pebalap yang akrab dipanggil Diggia ini menorehkan waktu 1:31,487 detik.

"Saya tak terlalu senang hasil kali ini, padahal sudah melakukan langkah lebih maju. Di sisi lain saya berharap bisa lebih dari ini. Kita mencoba beberapa penyesuaian yang sayangnya tak bekerja semestinya dan kehilangan sedikit kesempatan. Lainnya sudah alami penyempurnaan,” katanya.

Diggia juga berharap memaksimalkan Ducati Desmosedici yang dikendarainya  namun cuaca di Prancis ditebak akan hujan pada waktu balapan.

Melihat performa Bastianini dan Diggia dalam kualifikasi MotoGP Prancis, kedua pebalap berpotensi mendulang poin penting. Bastianini berpeluang membuat Indonesia bangga dengan naik podium di depan penggemar balap MotoGP. Kemudian Diggia berpotensi meraih poin perdananya mengawali karir MotoGP bersama Gresini Racing MotoGP.

Baca juga: Dorna: Suzuki tak bisa keluar secara sepihak dari MotoGP

Baca juga: Lorenzo resmi sandang gelar Legenda MotoGP


Pada klasemen sementara MotoGP musim ini, Enea Bastianini berada pada posisi tiga dengan 69 poin, sedangkan pada posisi dua ada Aleix Espargaro dari Aprilia Racing dengan 82 poin dan posisi pertama Fabio Quartararo dari Monster Yamaha dengan 89 poin.