IPB nyatakan siap teliti cacar monyet

id Bogor, IPB, cacar monyet, Arief Satria, laboratorium, penelitian

IPB nyatakan siap teliti cacar monyet

Rektor IPB Arief Satria bersama Ketua Himpunan Alumni IPB Walneg S. Jas. ANTARA/Linna Susanti

Kita selalu siap mendukung pemerintah dalam mengatasi cacar monyet,
Kota Bogor (ANTARA) - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arief Satria menyatakan pihaknya siap memberikan totalitas jika telah resmi ditunjuk pemerintah terlibat dalam penelitian cacar monyet dan kian menyebar di sejumlah wilayah.
 
"Kita terus koordinasi. Begitu ada kabar penunjukan resmi sudah ada, kita akan total," ujarnya kepada ANTARA di Kota Bogor, Minggu (14/8).
 
Arief menyebutkan sejauh ini ada dua laboratorium utama yang menjadi perhatian pemerintah dalam penelitian cacar monyet untuk menganalisis penyakit, pencegahan dan penanganan hingga vaksinasi jika dibutuhkan.

Baca juga: Laka Lena minta pemerintah antisipasi penularan cacar monyet
Baca juga: WHO minta Asia Tenggara perkuat pengawasan cacar monyet
 
Dua laboratorium itu ialah Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sri Oemijati BKPK Kemenkes dan di Pusat Studi Satwa Primata IPB, Bogor.
 
Oleh karena itu, kata Arief, baik sumber daya manusia (SDM), laboratorium maupun pusat konservasi primata IPB di Pulau Tinjil, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten telah dipersiapkan.
 
Cacar monyet merupakan zoonosis yang disebabkan oleh infeksi virus dari genus Orthopoxviridae.
 
"Kita selalu siap mendukung pemerintah dalam mengatasi cacar monyet," ujarnya.
 
Sejak beberapa pekan lalu, IPB telah melakukan rapat-rapat informal bersama pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk melakukan penelitian solusi pencegahan dan penanganan penyakit cacar monyet yang sudah menjadi wabah di dunia.
 
 
 
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IPB siap total teliti cacar monyet setelah resmi ditunjuk pemerintah